4 Tips Menghindari Kesulitan Finansial di Hari Tua

#BAGIKAN

Saat usia Anda telah memasuki 30 tahun, artinya Anda harus lebih matang dalam memikirkan masa depan finansial dibandingkan saat masih berusia 20 tahunan. Oleh karena itu, Sebelum membeli mobil mewah atau berlibur ke tempat-tempat yang eksotis, pikirkanlah terlebih dahulu untuk meningkatkan pendapatan terlebih dahulu. Selain itu, agar hidup Anda sejahteta di hari tua, hindarilah membeli barang-barang yang tidak penting atau bersikap boros.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar Anda bisa terhindar kesulitan finansial, di antaranya yaitu:

  1. Rutin Menabung

Menabung adalah salah satu hal yang penting untuk hidup Anda. Dengan memiliki uang tabungan, dapat membantu Anda apabila ada keperluan yang mendesak. Tidak perlu menabung dengan jumlah yang banyak, tetapi menabunglah sedikit demi sedikit secara rutin setiap bulan yaitu sekitar 30% dari pendapatan Anda.

Saat ini telah  banyak bank yang menawarkan paket tabungan dengan bunga yang lumayan, ada juga tabungan yang menawarkan untuk keperluan jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Anda dapat memanfaatkan fasilitas tabungan tersebut agar keuangan Anda terencana dengan baik dan sesuai dengan yang Anda harapkan.

  1. Investasi

Jika Anda mempunyai uang yang lebih setiap bulannya, berinvestasilah. Investasi merupakan langkah cerdas untuk keuangan Anda. Anda tidak perlu investasi ke pasar saham. Anda dapat berinvestasi dengan membuka bisnis atau usaha. Sebelum memulai investasi dengan membuka usaha, hal yang paling penting untuk Anda mulai adalah menganalisa dan memahami prospek bisnis Anda ke depannya. Setelah itu, mulailah berinvestasi.

  1. Menyiapkan Dana Pensiunan

Anda perlu merencanakan keuangan Anda sejak dini agar di masa tua Anda dapat menikmatinya dan bahagia. Pastikan bahwa dana pensiunan dapat membantu di masa tua Anda. Bagi Anda yang sudah memiliki dana pensiun dan bingung akan Anda gunakan untuk apa, sebaiknya Anda membuka sebuah usaha atau bisnis dengan prospek yang menjanjikan ke depannya. Nantinya, bisnis Anda ini tidak hanya bermanfaat dan dinimati oleh Anda, tetapi juga bermanfaat untu anak dan cucu-cucu anda.

  1. Membaca peluang Bisnis

Jika Anda hanya mengandalkan gaji dari pekerjaan Anda saat ini, pasti tidak akan pernah cukup apalagi semakin hari harga kebutuhan semakin meningkat. Oleh karena itu, Anda harus mendapatkan pemasukan selain dari gaji yang Anda terima setiap bulannya. Salah satu caranya yaitu membaca peluang bisnis yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang.

Beberapa peluang bisnis jangak panjang yang mendatangkan keuntungan besar, di antaranya yaitu: bisnis kuliner, properti, bisnis pelayanan jasa, bisnis bengkel motor dan mobil, fashion dan sebagainya. Anda dapat menentukan sendiri bisnis apa yang cocok untuk anda terjuni.

Nah, itulah 4 Tips Menghindari Kesulitan Finansial di Hari Tua. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda.

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *