5 Fungsi Gear Belakang Pada Sepeda Motor

#BAGIKAN

kursuskorter.com – Selain ban, ternyata gear sepeda motor juga menjadi bagain salah satu bagian penting dari sepeda motor. Jika tidak ada gear maka ban mustahil bisa bergerak. Bagian spare part motor ini memang tidak terlalu mahal harganya, namun fungsi yang dimilikinya ini sangat bermanfaat.

Tanpa sebuah gear pada sepeda motor, maka pengguna sepeda motor tidak akan bisa pergi kemana-mana. Karena kunci roda ban motor bisa bergerak karena adaanya gear pada sepeda motor. Lalu apa saja manfaat dari gear untuk sepeda motor ini? Nah berikut ini penjelasannya!

gear belakang motor

Adapun fungsi atau manfaat dari gear sepeda motor diantaranya, yaitu :

Sebagai Penggerak Ban

Seperti yang sudah disampaikan tadi bahwa gear pada sepeda motor berfungsi untuk menggerakan roda ban, terutama roda ban belakang. Dengan adanya gear, membuat gerak motor pun akan menjadi efisien. Menggunakan gear akan menggerakan ban belakang dan membuat ban depan juga ikut bergerak. Oleh karena itu sebuah motor tidak akan berfungsi jika tidak ada gear.

Untuk Penyeimbang Roda Ban Belakang

Dengan adanya gear sebagai penggerak bagian roda belakang, gear juga menjadi penyeimbang sepeda motor. Saat kita melakukan gerrakan zig-zag dijalan atau gerakan akselerasi, maka sepeda motor tidak akan terasa oleng. Jadi kita bisa bebas bergerak. Eits, tapi harus hati-hati.

Mengirim Sinyal Penggerak Mesin

Gear motor juga berperan penting untuk mengirimkan putaran mesin ke dalam roda ban belakang motor. Inilah yang membuat roda belakang berjalan dan otomatis sepeda motor pun berjalan. Gear akan mengirim sinyal mesin pada gear sesuai transmisi gigi yang dijalankan. Sehingga gear motor mengontrol rantai motor yang menggerakan ban motor belakang.

Pengatur Perpindahan Gigi Motor

Saat memakai motor yang memakai gigi, fungsi gear sangat bermanfaat. Pasalnya gear pada sepeda motor memakai ukuran yang berbeda. Gear depan dan belakang memiliki ukuran yang berbeda. Gear motor bagian depan memiliki mata yang lebih kecil dari gear motor bagian belakang. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir untuk mengganti gigi secara cepat saat ingin melakukan gerakan akselerasi seperti naik atau turun gunung.

Untuk Menaikkan Dan Menurunkan Gerakan Akselerasi Pada Motor

Sebagian pengguna motor yang memodifikasi motornya, mereka mengubah rasio gear motornya. Seperti mengubah jumlah mata pada gear motor depan yang lebih kecil dari gear belakang, sehingga laju motor untuk berakselerasi akan semakin mantap. Atau bisa mengubah jumlah rasio gear dengan rasio terbalik pada saat menghadapi medan yang curam, sehingga bisa bergerak dengan lebih bebas melakukan akselerasi dimedan menanjak atau menurun dengan sangat curam.

NB : Untuk Anda yang memiliki sepeda motor bebek dan belum matic, pasti pernah mengalami masalah pada gear belakang yang mengeluarkan bunyi berisik, namun hal ini sudah biasa. Berbeda dengan jika gear motor ternyata oleng alias goyang. Hal semacam ini bisa terjadi karena kondisi gear motor tersebut sudah aus. Hal ini jangan dibiarkan berlarut, karena bisa merambat ke umur pakai rantai yang juga ikutan jadi pendek usia pemakaiannya.

Demikianlah informasi mengenai fungsi dari gear yang ada pada sepeda motor. Merawat sepeda motor secara berkala tentunya akan membuat sepeda motor menjadi lebih awet dan tetap enak untuk digunakan dalam berkendara. Nah, semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda dan pastikan selalu kondisi kelayakan dari sepeda motor Anda.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *