7 Cara Ini Terbukti Ampuh Meningkatkan Omset Usaha Bengkel Motor

usaha bengkel sepeda motor
#BAGIKAN

Membuka usaha bengkel motor adalah salah satu peluang pasarnya sangat besar. Bagaimana tidak, di tahun 2016 saja Menurut Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) diperkirakan ada lebih dari 80 juta motor di Indonesia. Belum lagi ditambah penjualan motor di Indonesia yang mencapai lebih dari 500.000 unit motor setiap tahunnya. Peluang pasar yang sangat besar bukan?

Maka tidak heran bila banyak orang yang mencoba membuka usaha bengkel motor. Semakin mudah kita temui bengkel motor di pinggir-pinggir jalan, baik bengkel independent maupun bengkel service resmi dari merek-merek kendaraan bermotor seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Banyaknya orang yang melirik usaha ini tentu saja membuat persaingan usaha bengkel semakin ketat. Tak heran kalau bengkel yang berdekatan saling banting harga untuk memenangkan konsumen. Dampaknya keuntungan usaha justru semakin menipis dan usaha susah berkembang. Apalagi tidak semua pemilik bengkel memiliki pengetahuan yang cukup baik dalam menjalankan sebuah usaha.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat pemiliki bengkel lakukan untuk menaikkan omset dan menjaga agar pelanggan tidak lari ke kompetitor:

1. Berikan Kualitas yang Terbaik

Kualitas merupakan hal utama yang tidak boleh Anda lupakan. Pelanggan saat ini semakin pandai. Mereka  lebih memilih membayar sedikit lebih mahal namun hasilnya bagus dari pada murah namun hasilnya jelek.

Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan kinerja para pegawai . Pastikan para pegawai melayani pelanggan dengan ramah.  Dan pastikan jika Anda memiliki peralatan yang memadai dan bisa memberikan kualitas yang maksimal untuk pelanggan.

Selain itu, Sediakan lah ruang tunggu yang nyaman bagi pelanggan. Seperti sofa, tv, surat kabar, dan minum secara gratis. Agar pelanggan tidak jenuh pada saat menunggu kendaraan mereka di servis.

2. Jasa Service Delivery

Layanan ini akan sangat membantu para pelanggan yang memiliki kesibukan sehingga mereka tidak bisa datang ke tempat servis. Ada juga bagi pelanggan yang mungkin tiba-tiba kendaraannya mogok di tengah jalan.

3. Jangkau Semua Segmen

Fokus pada satu hal saja memang perlu, namun alangkah baiknya jika Anda bisa menjangkau semua segmen pelanggan yang ada. Pelanggan ada berbagai macam tipe dan memiliki kebutuhan yang berbeda. Pelajarilah keinginan setiap pelanggan Anda.

4. Supplier

Supplier mengambil peranan penting dalam omset usaha servis Anda. Oleh karena itu carilah supplier yang memberikan harga terbaik namun kualitas barangnya bagus. Jika harga yang Anda dapat lebih murah, tentu biaya operasional rendah. Dengan begitu  servis Anda lebih terjangkau dari kompetitor namun kualitas tetap terjamin.

5. Pembukuan Keuangan

Laporan keuangan dalam usaha apapun, termasuk bengkel merupakan hal yang penting. Untuk mengetahui kondisi usaha dalam kondisi untung/rugi. Dengan membuat pencatatan yang teratur, maka Anda dapat membandingkan kondisi keuangan dari tahun sebelumnya dengan saat ini. Dengan demikian dapat diketahui apakah laba usaha mengalami kenaikan atau sebaliknya.

6. Cobalah untuk beriklan online

Kalau kita lihat cara ini masih jarang dilakukan oleh pengusaha bengkel motor. Anda bisa memanfaatkan celah ini, apalagi beriklan online tidaklah terlalu mahal. Banyak media iklan online yang bisa Anda coba baik yang gratisan maupun yang berbayar. Dengan beriklan secara online akan membantu Anda meraih pelanggan-pelanggan baru yang sebelumnya tidak mengenal usaha bengkel motor Anda.

7. Buka Jasa Korter Mesin Motor

Bengkel-bengkel motor umumnya hanya menyediakan layanan service dan penggantian sparepart standard. Anda bisa meningkatkan omset usaha bengkel Anda dengan menyediakan jada korter mesin motor. Tidak semua bengkel menyediakan jasa ini, sehingga pelanggan jasa korter mesin motor Anda tidak hanya terbatas pada pemilik motor saja tapi juga pengusaha bengkel yang lain.

Selain 7 hal di atas, tentu masih banyak cara lain untuk meningkatkan omset usaha servis bengkel. Bila Anda ingin meningkatkan omset usaha bengkel motor Anda dengan menyediakan jasa korter mesin motor. Anda atau tim mekanik bengkel Anda bisa belajar kursus korter dari ahli korter mesin motor berpengalaman di KursusKorter.com yang sudah meluluskan puluhan peserta pelatihan korter dari berbagai kota di Indonesia.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *