Apa yang dimaksud dengan korter mesin dan bagaimana prospek ke depanya jika membuka usaha bengkel korter

#BAGIKAN

Artikel ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan korter mesin dan bagaimana prospek ke depannya jika membuka usaha bengkel korter. Yang pertama kita bahas dahulu pengertian korter mesin. Kata “korter” berasal dari akar kata colter atau culter yang artinya adalah mata pisau atau roda yang tajam yang ditempelkan pada balok kayu atau bajak untuk memotong dan menggemburkan tanah. Sedangkan “korter” yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah suatu ubahan atau modifikasi pada silinder mesin dengan cara memperbesar volume silinder menggunakan pisau korter.

Kenapa harus melakukan korter mesin?

Ada dua alasan utama kenapa harus melakukan korter mesin. Yang pertama, untuk memperbaiki dinding silinder yang tergores. Goresan yang terjadi pada dinding silinder sangat mempengaruhi performa mesin karena goresan tersebut menimbulkan celah antara dinding dengan piston sehingga dapat menurunkan kompresi mesin. Dengan melakukan korter ringan pada dinding silinder, maka goresan itu dapat dihilangkan, kemudian dihaluskan dan disamarkan dengan mesin poles.

Alasan yang kedua, yakni ingin memperbesar volume silinder mesin agar pembakaran semakin maksimal dan tenaga yang dihasilkan motor juga semakin besar. Korter mesin jenis kedua ini lebih kompleks daripada yang pertama karena melibatkan kalkulasi mesin yang tepat agar karakter mesin powerful yang diinginkan dapat tercapai. Dengan mengikis dinding silinder bagian dalam, maka lubang silinder puna menjadi lebih lebar sehingga dapat memuat piston dengan diameter yang lebih besar pula. Karena ukuran silinder yang berubah tersebut, maka modifikasi korter ini juga sering disebut dengan oversize. Para mekanik mesin sepeda motor balap kerap mempraktekkan modifikasi korter mesin semacam ini.

Prospek bengkel korter

Untuk menilai prospek suatu peluang usaha di masa depan, maka kita harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya trend di masyarakat. Trend otomotif di masyarakat Indonesia, khususnya roda dua, hampir tidak pernah sepi dari peluncuran produk-produk sepeda motor terbaru dari pabrikan Jepang dan lainnya. Hal itu membuat Indonesia menjadi negara nomor tiga di dunia dengan tingkat penggunaan sepeda motor paling tinggi. Trend menggunakan sepeda motor pun rasanya masih jauh dari penurunan untuk beberapa puluh tahun ke depan mengingat kini justru semakin mudah untuk membeli sepeda motor dengan cara kredit murah.

road race
Road Race

    

Trend yang berkembang baru-baru ini juga adalah semakin maraknya perkembangan olahraga otomotif di tanah air. Banyak ajang balap nasional yang digelar tiap tahunnya, belum lagi jika melihat kenyataan bahwa balapan liar juga lebih marak lagi. Selain karena dipicu oleh keinginan para pembalap muda untuk bisa sukses seperti nama-nama tenar seperti Hendriansyah dan Doni Tata, kini teknologi dalam modifikasi motor berkembang pesat sehingga semakin mendorong para mekanik untuk mengeluarkan segala kemampuan mereka meracik mesin motor yang paling kencang.

Korter mesin yang menjadi jantung dari modifikasi mesin motor tentu memiliki prospek ke depan yang sangat besar dengan kecenderungan trend di masyarakat saat ini. Mustahil rasanya jika motor-motor yang turun di ajang balap nasional tidak melakukan korter mesin untuk memaksimalkan performa motornya. Di sini lah ceruk yang besar yang dapat diambil oleh bengkel korter untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar daripada bengkel biasa yang tidak dapat melakukan modifikasi korter mesin.

Investasi mesin korter dan pembangunan SDM yang berkualitas

Modal utama yang harus disiapkan oleh pebisnis bengkel korter tentu saja mesin korter. Walaupun harganya relatif mahal, namun potensi keuntungan yang dapat dihasilkan oleh mesin korter tiap bulannya juga cukup menjanjikan sehingga investasi mesin korter tersebut dapat mencapai break event point dalam jangka waktu tidak terlalu lama.

mesin korter
mesin korter

Selain mesin korter, perlu juga disiapkan tenaga operator mesin korter yang terlatih dan handal karena modifikasi korter mesin sepeda motor tidak bisa ditangani oleh mekanik yang kurang terlatih atau mekanik bengkel biasa saja. Kursus korter yang diselenggarakan di bengkel NBS Bantul, Yogyakarta mencoba menawarkan program kursus korter yang komprehensif, terdiri dari paket tingkat basic, intermediate, hingga paket komplit untuk mempersiapkan SDM-SDM mekanik korter yang berkualitas.

Bagi para pebisnis bengkel yang ingin merambah ke dunia korter mesin, dapat berinvestasi awal dengan membeli mesin korter di bengkel NBS atau mengambil paket kursus korter sebagai persiapan SDM. Tersedia pula paket kursus plus pembelian mesin korter dengan harga terjangkau sehingga bisa langsung memulai usaha di bidang korter mesin ini.

 

Untuk info lebih lanjut silahkan KLIK DISINI

atau langsung menghubungi kami

SMS/WA : 0882-1627-9660
Pin BB : 51F-36C-95
Jl. Wakhid Hasyim 108 Bantul, Yogyakarta

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *