Beberapa tips untuk menentukan tempat belajar korter, poles dan milling yang paling tepat untuk anda

#BAGIKAN

Setelah anda mengetahui beberapa hal dasar tentang dunia korter mesin dan prospek ke depan dari bengkel korter yang cerah, dan anda ingin mempelajarinya secara lebih mendalam, maka ada baiknya anda mengikuti kursus korter mesin. Namun, sebelum memulainya, anda perlu memperhatikan beberapa tips untuk menentukan tempat belajar korter, poles dan milling yang paling tepat untuk anda berikut ini:

  1. Memiliki sistem pembelajaran dan kurikulum yang jelas. Hal pertama yang harus diperhatikan dari tempat kursus adalah sistem pembelajarannya dan kurikulumnya karena dua hal itu merupakan jantung dari penyelenggaraan sebuah program kursus. Apakah sistem pembelajarannya menitikberatkan pada teori, praktek, atau seimbang antara praktek dan teori. Di samping itu, kurikulumnya harus mencakup hal-hal yang perlu dikuasai oleh seorang mekanik korter, setidaknya untuk tingkat dasar, seperti pengenalan dan cara menggunakan alat ukur, pengenalan karakteristik mesin, prinsip-prinsip korter mesin, pengenalan dan pengoerasian mesin korter, mesin poles dan mesin milling, dan sebagainya. Sebagai calon peserta kursus, anda berhak mengetahui sistem pembelajaran dan kurikulum yang diterapkan dalam progam yang ditawarkan kepada anda.
  2. Memberikan garansi penguasaan keterampilan. Jarang sekali ditemui tempat kursus korter yang berani memberikan garansi kepada para pesertanya, dijamin bisa dan terampil melakukan modifikasi korter usai mengikuti program kursus tersebut. Hal itu karena memang korter mesin tidak dapat dikuasai secara instant dan dikerjakan secara sembarangan. Perlu pemahaman dan latihan yang intens untuk dapat merasakan feel seorang mekanik korter (tuner) yang handal. Namun, kursus korter yang diselenggarakan oleh bengkel NBS Bantul, Yogyakarta berani memberikan garansi kepada pesertanya “sampai bisa” usai mengikuti kursus. Menarik bukan?
  3. Kursus diampu oleh instruktur berpengalaman dan berkualitas. Salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pembelajaran adalah faktor tenaga pengajarnya. Guru yang baik tentu akan menghasilkan murid yang baik pula. Untuk itu, kursus korter yang baik tentunya menyediakan instruktur yang berpengalaman dan berkualitas yang memahami betul seluk beluk dunia korter mesin, tidak hanya secara teori, namun juga prakteknya. Di bengkel NBS Bantul, kursus korter diampu oleh para instruktur yang berpengalaman, salah satunya Pak Yono (40 tahun) yang telah malang melintang di dunia korter mesin selama puluhan tahun. Skill Pak Yono pun diakui di kalangan para mekanik korter, bahkan tanpa bantuan alat ukur pun beliau mampu mengerjakan korter mesin dengan sangat rapi.
  4. Menyediakan pilihan paket kursus sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta. Karena kemampuan dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda dan belum tentu sama, maka program kursus korter yang baik tentunya memberikan pilihan atau alternatif paket kursus yang dapat dipilih oleh peserta agar peserta tidak terbebani oleh program kursus yang tidak sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka. Di kursus korter bengkel NBS Bantul Yogyakarta, tersedia tiga paket kursus yang dapat dipilih, yakni paket basic, intermediate, dan paket komplet (termasuk korter balap).
oversize blok silinder dengan korter
oversize blok silinder dengan korter
IMG_20150317_134227
Peserta sedang berlatih mengoperasikan mesin korter

 

Itulah beberapa tips yang dapat dipertimbangkan bagi anda yang berniat untuk mengikuti kursus korter. Pertimbangkan dahulu beberapa program kursus korter yang ditawarkan, ada baiknya anda mencari informasi yang lengkap terlebih dahulu tentang kursus korter tersebut dan jika memungkinkan bertanya kepada para alumni yang pernah mengikuti kursus korter di tempat tersebut. Terakhir, kembali kepada diri sendiri, jika anda sudah memutuskan untuk menggeluti satu bidang keilmuan, maka anda harus yakin dan 100 persen mendalaminya karena hasil akhir dari sebuah proses belajar sangat ditentukan oleh kemauan dan kerja keras kita sendiri.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *