Berapa Modal yang Diperlukan Untuk Membuka Bengkel Sepeda Motor yang Standar?

#BAGIKAN

KURSUSKORTER.COM – Modal usaha merupakan hal utama yang harus direncanakan dalam membuka suatu usaha. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang modal usaha yang diperlukan untuk membuka bengkel sepeda motor. Modal disini terbagi menjadi 2 bagian, yang pertema yaitu modal keterampilan dalam dunia otomotif khususnya reparasi sepeda motor. Dan yang kedua adalah modal materil yaitu uang.

modal usaha
modal usaha

Modal keterampilan merupakan modal utama dan pertama yang harus dimiliki bagi seseorang yang ingin membuka bengkel secara mandiri. Dengan begitu anda bisa mempersiapkan diri anda untuk mencari pengalaman keterampilan di dunia reparasi motor. Ada berbagai pilihan yang bisa anda lakukan untuk mempelajari tentang dunia perbengkelan sepeda motor ini. Jika anda masih muda bisa bersekolah di jurusan otomotif, Dan bagi anda yang sudah berumur bisa mengikuti privat atau kursus bengkel. Dan pilihan selanjutnya anda juga bisa membantu pekerjaan di sebuah usaha bengkel, sehingga anda bisa mengambil pelajaran tentang reparasi di bengkel tersebut.

keterampilan
keterampilan

Modal materil atau uang merupakan modal untuk memulai tahap selanjutnya dari keterampilan yang sudah anda miliki. Modal uang ini tergantung dari jenis usaha bengkel yang akan anda jalankan. Hal ini dikarenakan banyak pilihan pelayanan dari jenis usaha bengkel. Anda bisa membuka bengkel kusus reparasi motor tanpa menyediakan sparepart. Tentu saja dengan begitu modal usaha yang anda keluarkan akan lebih kecil.

modal
modal

Berikut ini merupakan perkiraan modal usaha materil yang bisa menjadikan acuan anda dalm membuka usaha bengkel
Perlengkapan alat bengkel            :           5jt
Mur Baut dll                                          :           1jtrb
Ban                                                            :          1.5jt
Oli                                                              :           2jt
Sparpart                                                  :           10jt
______________________________________+
TOTAL                                                    :           15jt
Dari perkiraan modal diatas anda bisa sesuaikan dengan jenis usaha bengkel yang akan anda buka. Perhitungan diatas belum termasuk sewa tempat usaha (jika anda menyewa tempat usaha). Demikianlah tips tentang modal usaha yang diperlikan untuk membuka usaha bengkel. Jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang seluk beluk usaha perbengkelan silahkan baca artikel kami yang lain.. KLIKK!!

#BAGIKAN