Cara Mengoperasikan Mesin Korter Tipe T807A Dengan Baik dan Benar Agar Hasil Korter Maksimal

#BAGIKAN

Tertarik untuk mempelajari ilmu korter silinder motor? Bergabung lah di program Kursus Korter Bengkel NBS Jogja yang berlokasi di Bantul Yogyakarta karena di program ini akan diajari cara mengoperasikan mesin korter tipe T807A dengan baik dan benar agar hasil korter maksimal.

Cara mengoperasikan mesin korter tipe T807A dengan baik dan benar agar hasil korter maksimal maka pertama-tama harus dilakukan pengukuran yang akurat pada diameter booring silinder dan diameter piston yang hendak diaplikasikan.

Langkah pertama sebelum mulai melakukan korter adalah melakukan pengukuran yang akurat.
Langkah pertama sebelum mulai melakukan korter adalah melakukan pengukuran yang akurat.

Pengukuran diameter booring silinder dan piston harus dilakukan dengan alat ukur khusus seperti micrometer dan dial bore gauge untuk mendapatkan angka ukuran yang akurat. Jangan pernah sekali-kali menentukan ukuran hanya berdasarkan perkiraan atau menggunakan alat ukur yang tidak sesuai karena kesalahan dalam ukuran millimeter saja dapat mengakibatkan hasil korter gagal total. Oleh karena itulah tahap pengukuran ini sangat penting sebelum beranjak ke cara mengoperasikan mesin korter tipe T807A dengan baik dan benar agar hasil korter maksimal.

Cara mengoperasikan mesin korter tipe T807A dengan baik dan benar agar hasil korter maksimal berikutnya adalah melakukan proses centering pada mata pisau korter untuk memastikan bahwa mata pisau korter berada tepat di tengah-tengah booring silinder yang hendak dikorter. Jika dirasa sudah tepat, maka tinggal lakukan penyetingan mesin korter dan penguncian mata pisau korter.

Setelah didapatkan ukuran diameter booring yang akurat, maka lakukan penyetingan di mesin korter.
Setelah didapatkan ukuran diameter booring yang akurat, maka lakukan penyetingan di mesin korter.

Berikutnya, tinggal nyalakan power mesin korter dan mata pisau korter akan segera bergerak naik turun untuk melakukan penyayatan pada dinding booring silinder. Maka dimulailah proses korter. Meskipun ketebalan sayatan sudah diatur melalui penyetingan awal, lebih baik lakukan pengorteran selama beberapa kali berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang akurat dan maksimal. Jangan lupa juga sisakan ruang beberapa millimeter untuk melakukan tahap finishing, yakni proses pemolesan menggunakan mesin poles.

Itulah cara mengoperasikan mesin korter tipe T807A dengan baik dan benar agar hasil korter maksimal. Tertarik untuk mengetahui dan mendalami lebih banyak lagi teknik ilmu korter? Silakan bergabung di program Kursus Korter Bengkel NBS Jogja. Informasi lengkap silakan invite pin BBM 51F36C95 atau telp/sms/WA 0882-1627-9660 (Pak Bayu).

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *