Cara Mudah dan efektik Untuk Membedakan Antara Pelumas Asli dan Pelumas Palsu

#BAGIKAN

Waspada lah karena kini banyak beredar oli pelumas palsu oleh karena itu kita harus tahu cara mudah dan efektif untuk membedakan antara pelumas asli dan pelumas palsu. Beredarnya oli pelumas palsu itu tentu saja sangat meresahkan dan merugikan bagi masyarakat, karena selain kualitasnya yang tidak bagus juga dapat menyebabkan kerusakan pada mesin sepeda motor konsumen.

Sebenarnya, jika konsumen mau jeli dan tidak gegabah dalam memilih oli pelumas maka tidak akan tertipu oleh oli

Perhatikan kekentalan oli untuk mengetahui apakah oli pelumas tersebut asli atau palsu.
Perhatikan kekentalan oli untuk mengetahui apakah oli pelumas tersebut asli atau palsu.

pelumas palsu itu karena ada cara mudah dan efektif untuk membedakan antara pelumas asli dan pelumas palsu yang beredar luas di pasaran.

Beberapa cara mudah dan efektif untuk membedakan antara pelumas asli dan pelumas palsu itu cukup simpel dan dapat dipraktekkan oleh siapa pun sebagai langkah awal pencegahan agar tidak salah dalam memilih oli pelumas bagi sepeda motornya karena jika sampai salah memilih oli pelumas palsu justru dapat mengakibatkan mesin rusak atau bahkan rontok.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah dan efektif untuk membedakan antara pelumas asli dan pelumas palsu:

  1. Pastikan bahwa cairan oli pelumas tidak terlalu encer. Jika oli berwarna bening dan terlalu encer, dapat diindikasikan bahwa itu merupakan hasil oplosan atau malah bukan oli pelumas sama sekali.
  2. Botol kemasan tersegel dengan rapi. Jika segel telah rusak, anda dapat menanyakannya kepada toko penjual dan minta diganti dengan botol yang masih memiliki segel yang baik. Biasanya botol kemasan juga dilengkapi dengan stiker hologram untuk menjamin keasliannya.
  3. Selalu membeli oli pelumas di bengkel-bengkel terpercaya. Jika anda punya bengkel langganan yang anda percayai kualitas dan kejujurannya, maka sebaiknya anda pun membeli oli pelumas di bengkel tersebut untuk menjamin keaslian produk-produk yang dijualnya.
  4. Oli pelumas yang masih baru tidak berbuih. Jika anda membeli oli pelumas baru namun ketika dituangkan
    Beli lah oli pelumas di toko dan bengkel terpercaya untuk menghindari oli pelumas palsu.
    Beli lah oli pelumas di toko dan bengkel terpercaya untuk menghindari oli pelumas palsu.

    timbul buih maka bisa diindikasikan itu adalah oli palsu hasil penyulingan ulang dari oli bekas. Oli bekas sangat berbahaya jika sampai masuk ke mesin motor anda karena mengandung partikel-partikel serpihan logam berukuran nano yang sangat destruktif.

  5. Bertanya kepada penjual oli pelumas tentang segala hal berkaitan dengan oli pelumas yang hendak anda beli. Berpura-pura lah untuk menjadi seseorang yang awam sama sekali tentang oli pelumas motor. Jika penjual tersebut kurang mengetahui produk-produk yang dijualnya, ada kemungkinan dia telah menerima suplai oli pelumas palsu dari distributor nakal akibat ketidaktahuan penjual itu.
  6. Pelajari karakteristik oli pelumas yang biasa anda gunakan di motor anda. Merk-merk oli pelumas memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kekentalannya. Yang paling kerasa adalah ketika anda baru saja menyervis dan mengganti oli pada kendaraan anda. Jika performa yang dirasakan ketika mengganti oli berbeda dari yang biasanya, ada kemungkinan oli yang anda gunakan memiliki tingkat kekentalan yang berbeda walaupun memiliki botol kemasan yang sama. Dan itu tandanya ada kemungkinan oli pelumas tersebut palsu.

Itu lah beberapa cara mudah dan efektif untuk membedakan antara pelumas asli dan pelumas palsu yang dapat anda praktekkan untuk menghindari salah dalam memilih oli pelumas bagi sepeda motor anda. Semoga bermanfaat.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *