Cara Mudah Deteksi Penyakit  Sepeda Motor Langsung pada Asap Knalpot

#BAGIKAN

 

Cara mudah deteksi penyakit pada sepeda motor langsung asap knalpot – Pada beberapa kasus jika kita cermati asap putih yang keluar dari knalpot sepeda motor sering kali di identifikasikan sebagai kerusakan dan keausan pada silinder blok, seher dan pada ring piston. Padahal ada beberapa komponen lain yang bisa menjadi penyebab terjadinya “penyakit” pada asap knalpot sepeda motor Anda.

 

Tetapi, Anda tak perlu menilai secepat itu bahwa asap putih yang keluar adalah suatu bentuk kerusakan pada bagian ring atau seher, karna Anda sendiri bisa rugi dengan biaya yang di keluarkan. Mengatasi kemungkinan tersebut sebaiknya Anda cek secara teliti terlebih dahulu sebelum membawanya ke tukang bengkel.

Setelah di cek dan di teliti, ternyata aspa putih yang apa saat keluar di knalpot memang merupakan pertanda adanya kebocoran di ruang mesin. Putih memang sebuah pertanda bahwa yang terbakar itu merupakan bagian pelumas, tetapi tidak dari silinder atau pada bagian piston dan bisa juga karena sil (karet) klep yang sudah aus.

Ini dia cara mudah deteksi penyakit pada sepeda motor langsung pada asap knalpot dengan melihat kondisi serta pada saat  asap putih keluar dari knalpot, jika di amati asap putih yang keluar setia berjalan dari di hidupkan, maka bisa jadi menyerang pada silinder head, ring dan seher mesin.  Tetapi kalau hanya keluar pada kondisi pagi atau saat mesin mulai dingin ini merupkan pertanda bahwa sil klep sudah aus.

ilistrasi silinder head berkerak oli
ilistrasi silinder head berkerak oli

Sil klep mengalami kebocoran ini memang sering kali terjadi, hal sepeti ini di karenakan masa guna kendaraan. Untuk memastikan memang harus membongkar silinder head, katup klep yang terdapat pada kerak oli ini menandakan adanya kebocoran yang memang di karenakan sil sudah aus, hal ini menyebabkan oli rembes hingga masuk pada ruang bakar.

Jika kita mencermati ini dia ciri-ciri penyakit pada kerusakan mesin berdasarkan warna asap knalpot :

  • Asap Knalpot berwarna Putih.

Ini pertanda adanya oli mesin yang bertugas melumasi transmisi dan komponen mesin sehingga ikut terbakar kedalam  ruang bakar mesin. Ini yang mengakibatkan campuran antara udara dan bahan bakar tidak tercampur. Biasanya kerusakan tersebut terjadi pada ring piston atau oli sil mesin

  • Asap knalpot berwarna hitam

Ini pertanda karna ketidak seimbangnya antara cmpuran udara dan bahan bakar yang terbakar di bagian runag pembakaran. Asap hitam ini timbul karna tidak seimbangnya antara campuran bensin dan udara ( bensin) lebih banyak yang akan terbakar di banding udara. Dan timbulnya asp hitam ini juga dapat di pastikan bahan bakar mengalami pemborosan sehingga perlu penyetelan ulang pada karburator.

  • Asap knalpot tidak menimbulkan warna asap sama sekali.

Point terakhir ini memang sudah di pastikan bahwa kendaraan kita mengalami aman-aman saja atau dalam keadaan baik sehingga tidak mengalami gangguan apapun pada mesin motor.

Nah seperti itulah Cara mudah deteksi penyakit pada sepeda motor langsung asap knalpot dan jika motor Anda mengalami penyakit yang berkelanjutan maka sudah di anjurkan ANda untuk mengganti motor baru. Heheh.. Semoga bermanfaat.

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *