Cara Mudah Membuat Motor Lebih Kencang & Irit

#BAGIKAN

Bagi riders, siapa sih yang nggak mau kalau motornya bisa melaju lebih kencang dan irit dari biasanya? Dua hal inilah menjadi perhatian utama bagi para riders. Sebab, pada dasarnya produsen motor sudah membatasi performa yang maksimal untuk kebutuhan konsumen.

Namun, sebagai riders yang masih merasa bahwa motor Anda perlu dibuat lebih kencang dari biasanya dan irit bahan bakar, Anda tidak perlu bingung. Berikut ini 7 tips cara mudah membuat motor lebih kencang & irit yang bisa Anda lakukan:

1. Porting Polish
Pertama, Anda harus porting polish di bagian head kendaraan. Biasanya, proses ini kurang diperhatikan oleh produsen. Porting polish mampu menambah tenaga motor dan “napas”, serta meningkatkan efisiensi proses hisap dan buang.

2. Papas Head
Tujuan Pemapasan pada bagian head motor adalah untuk memadatkan dan menaikkan rasio kompresi pada motor. Sehingga motor menjadi lebih bertegana. Namun, proses pemapasan ini sangat beresiko apalagi kalau Anda maupun mekanik tidak paham dengan kondisi motor. Jadi, dalam proses ini sangat dibutuhkan ketelitian dan perhitungan yang tepat antara boring, posisi head, klep, busi dan seher agar tidak “tabrakan”

3. Memperbesar Klep
Biasanya klep digunakan untuk mengatur proses pembuangan dan pengisapan pada motor 4 tak. Perbesaran klep in dan ex dapat membuat motor memiliki tenaga dan napas lebih panjang, serta lebioh efisien dalam pembakaran.
Selain itu, hal lain yang dapat Anda lakukan yaitu:
– Gunakan noken as yang berkualitas
– Buat head dengan jumlah klep lebih banyak (3 klep)
-Jika motor Anda masih menganut sistem SOHC Dual Velve, gantilah dengan head yang sistemnya DOHC

4. Majukan Timing Pengapian
Supaya proses pembakaran cepat dan efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik, majukanlah timing pengapian, caranya yaitu:
– CDI: Gunakan CDI dengan kurva pengapian yang lebih maju atau gunakan CDI yang dapat diatur timing pengapiannya/
– Bahan Bakar: Jangan gunakan bahan bakar yang beroktan 88 atau premium karena dapat membuat proses pembakaran berkurang dan membuat mesin menjadi ngelitik (engine knocking)
– Koil: penggunaan koil dapat memperbesar api yang nantikan digunakan pada ruang bakar untuk membakar AFR

5. Rajin Service
Service mesin dan karburator adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga performa motor. Hal yang harus diperhatikan saat service motor, yaitu:
– Bersihkan kerak pada bagian piston, klep dan head
– Bersihkan dan gantilah busi ketika sudah saatnya harus diganti
Service dan bersihkan karburator sampai tuntas

6. Ganti Ban Motor
Ganti ban motor dengan 2 ukuran di bawah atau di atasnya. Apabila ingin memperbesar ban, Anda harus mengganti velg dan meningkatkan performa mesin supaya motor Anda bisa melaju lebih kencang.

7. Ganti Komponen ECM atau ECU
Setiap motor yang sistem pembakaranya menggunakan fuel injection pasti memiliki ECM atau ECU. Namun, untuk mengganti komponen ECM atau ECU dibutuhkan biaya yang tidak murah. Tetapi efeknya terhadap motor sangat signifikan.

Nah, itulah 7 tips atau cara mudah membuat motor lebih kencang dan irit. Namun, menggabungkan dua dimensi yang berbeda untuk membuat motor lebih Kencang dan Irit memang cukup sulit apabila dikerjakan sendiri dan tidak memiliki keahlian di bidangnya atau masih kurang ilmunya.

Buat Anda yang mau menambah keahlian di bidang mekanik, Anda bisa ikut KURSUS KORTER. KURSUS KORTER ini sangat cocok bagi Anda yang suka otak-atik motor, ingin menjadi ahli mekanik, membuka bengkel korter dan masih banyak peluang lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Terimakasih.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *