Cara Meng-Upgrade Mesin Motor 4 Tak #part 1 Yang Mudah

#BAGIKAN

Mesin Motor 4 Tak, kali ini kursuskorter.com akan membahas bagaimana cara meng-upgrade mesin motor 4 tak yang mudahSeiring berkembangnya zaman, trend modifikasi juga ikut berkembang. Jika selama ini yang kita tahu bahwa modifikasi motor hanya fokus pada tampilan body-nya saja, maka sekarang ini banyak orang yang mulai mengubah spesifikasi motor mulai dari perangkat yang bersfifat bolt sampai merubah spesifikasi mesin.

Banyak orang di luar sana yang bertanya-tanya, apa dulu yang harus dirubah ketika melakukan oprek mesin. Saat   ini, teknik bore up sedang booming di dunia mekanik dan banyak yang berpendapat bahwa dengan memperbesar ukuran piston dapat menambah tenaga pada mesin kendaraan.

Selain bore-up, ada juga CDI, camshaft aftermarket dengan spek yang  beragam, klep dengan berbagai macam bahan high-performance, karburator dengan berbagai ukuran dan masih banyak lagi, sehingga muncul pertanyaan, “mana yang harus dilakukan lebih dulu agar memberikan hasil akhir yang terbaik?Nah, yang paling penting sebelum melakukan oprek mesin, Anda harus mempelajari spesifikasi standar motor terlebih dahulu dan pahami fungsi serta konsekuensinya.

Berikut adalah cara-caranya yang harus dilakukan saat melakukan upgrade mesin motor 4 tak :

  1. Bore Up

Bore up atau menaikkan ukuran piston adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam modifikasi mesin. Karena nilai bore ini akan dipakai untuk proses selanjutnya ketika menghitung spesibfikasi pada bagian lain. Rumus dasar untuk menghitung kapasitas mesin yaitu:

V = (22/7 * 1/4 * bore * bore) * stroke

ket :

bore = diameter piston (cm)

stroke = panjang langkah piston (cm)

Perlu untuk diketahui bahan penggantian piston dengan kepala piston yang lebih tinggi dapat meningkatkan kompresi secara signifikan. Artinya yaitu membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi supaya proses pengapian tetap optimal.

  1. Stroke Up

Stoke up juga mampu meningkatkan gas speed. Akan tetapi, persentasenya mungkin lebih kecil apabila dibandingkan dengan bore up. Namun, tergantung huda dengan letak peak power mesin.

Selain itu juga, stroke up dapat meningkatkan kompresi yang dapat menyebabkan kebutuhan bahan bakar beroktan lebih tinggi. Hal ini sypaya pembakaran tetap efektif. Dengan bertambahnya stoke, maka yang terjadi yaitu langkah putar pada pin kruk jadi makin jauh. Hal ini dapat menyebabkan gaya dorong ke kiri dan kanan pada dinding piston menjadi makin besar sehingga mengakibatkan daya gesek piston ke linear bertambah.
Mesin Motor 4 Tak

Jika panjang setang piston tidak disesuaikan, stroke ratio bisa berubah. Oleh karena itu, balacing ulang pada kruk as diperlukan untuk mengurangi getran yang dihasilkan oleh putaran kruk as.

  1. Klep in-Out

Biasanya, penggantian klep dilakukan untuk mengoptimalisasi perubahan spesifikasi pada ruang bakar  dan porting. Ukuran ideal klep in-out tergantung dengan besarnya nilai bore suatu mesin. Rumus sederhanya seperti ini:

Inlet Valve = 0,55 to 0,57 * bore  (untuk ruang bakar berbentuk hemisphere)

Inlet Valve = 0,5 * bore ( untuk ruang bakar berbentuk bathtub)

Exhaust Valve = 0,8 * inlet valve

  1. Porting & Polish

Jika diperhitungkan dengan tepat dan teliti, Porting & Polish dapat meningkatkan tenaga yang cukup signifikan sehingga selain menjadi pendukung dalam ubahan bole up dan klep.  Porting & Polish dapat dipraktekkan pada spek motor yang standar dengan hitungan yang disesuaikan.

Proses porting  ini meliputi perubahan bentuk, ukuran d an sudut jalur gas. Sedangkan polish diartikan sebagai proses permbersihan pda dinding jalur gas.
Mesin Motor 4 Tak Upgrade motor

Oke, itulah cara meng-upgrade mesin motor 4  tak #part 1 yang mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan nantikan cara meng-upgrade mesin motor 4  tak #part 2 yang mudahSelamat mencoba :). Info promo terbaru dari www.kursuskorter.com langsung bisa dicek di www.promo.kursuskorter.com.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *