Dunia balap motor di Indonesia semakin menggeliat, peluang yang bagus bagi para bengkel modifikasi, termasuk bengkel korter

#BAGIKAN

Indonesia menjadi negara ketiga terbesar di dunia dalam hal pengguna sepeda motor. Disamping penggunaan sepeda motor untuk kebutuhan sehari-hari, banyak pula sepeda motor yang dimodifikasi dan digunakan dalam ajang adu balap yang kini semakin nge-trend. Lalu, apa artinya? Hal itu mengindikasikan dunia balap motor di Indonesia semakin menggeliat, peluang yang bagus bari para bengkel modifikasi, termasuk bengkel korter.

Mengapa kami katakan ini merupakan peluang bagus bagi bengkel modifikasi seperti bengkel korter di tengah menggeliatnya dunia balap motor di Indonesia? Karena modifikasi korter menjadi denyut nadi bagi ajang adu kecepatan motor tanah air. Tanpa modifikasi korter, akan sangat sulit bagi para pembalap dan mekanik yang kebanyakan menggunakan motor underbone atau motor sport standar pabrik untuk memenangkan persaingan di lintasan balap.

Dengan melakukan modifikasi korter pada mesin sepeda motor yang turun di ajang balapan, para mekanik dapat memaksimalkan potensi mesin motor dengan cara memperbesar kapasitas mesin. Kapasitas mesin yang lebih besar otomatis akan mengoptimalkan pembakaran sehingga dihasilkan power mesin yang lebih besar pula.

Modifikasi korter yang dimaksud di atas yaitu berupa perbesaran pada volume silinder untuk menyesuaikan dengan ukuran piston yang lebih besar. Untuk memperbesar volume silinder, maka dilakukan korter dengan cara mengikis dinding silinder menggunakan mesin korter yang dilengkapi dengan mata bore khusus yang telah disetting ukuran ketebalan pengikisannya. Ketika telah didapatkan ukuran lubang silinder yang diinginkan, kemudian dilakukan finishing touch menggunakan mesin poles agar dinding silinder menjadi halus dan tidak melukai piston.

Meskipun terdengar sederhana, namun modifikasi korter tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Perlu analisa yang dalam, pengukuran yang cermat dan eksekusi yang tepat agar hasil modifikasi korter mesin sesuai dengan yang diinginkan. Resiko dari modifikasi korter yang buruk justru akan menurunkan performa motor, power mesin bisa ngempos. Bahkan, modifikasi yang terlalu ekstrim tanpa memperhatikan aspek lain seperti ketebalan dinding silinder dan ukuran celah di antara piston-dinding silinder beresiko mengurangi durabilitas mesin dan kemungkinan mesin bisa rontok sebelum menyelesaikan putaran balap.

Bengkel korter yang baik dan terpercaya tentunya harus memiliki mesin korter sendiri agar dapat memastikan kualitas hasil ubahan pada blok silinder yang dilakukan oleh para mekaniknya. Jika bengkel tersebut hanya mengoper garapan korter pada bengkel lain, tentu hasilnya belum dapat dipastikan. Investasi pada mesin korter sangat menguntungkan karena walaupun harganya cukup lumayan namun mesin ini dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Break event point atau “balik modal” pun cenderung cepat mengingat dunia balap Indonesia kini semakin marak. Sebagai gambaran, tarif untuk sekali modifikasi korter mesin motor balap paling murah saja sekitar Rp 300.000,- hingga Rp 500.000,-. Bayangkan keuntungan yang bisa didapat oleh bengkel korter jika mampu setidaknya menerima order modifikasi korter 3-4 motor saja per bulan.

Selain mesin korter yang perlu dipersiapkan, tentunya adalah SDM yang terlatih dan handal untuk mengoperasikan mesin korter. Seorang mekanik korter, atau biasa disebut tuner, harus mampu menggunakan alat ukur seperti mikrometer dan dial gauge, memiliki pengetahuan tentang karakteristik mesin baik 2 tak maupun 4 tak dan tentu saja bisa mengoperasikan mesin korter dan poles.

Melihat peluang bengkel korter di atas, kami menawarkan program kursus korter bagi siapa pun yang tertarik untuk bergelut dalam dunia modifikasi korter. Melalui program ini, diharapkan lahir mekanik-mekanik korter handal yang akan semakin menggairahkan dunia balap Indonesia. Demi kualitas lulusan kami, program kursus korter ini memberikan garansi “sampai bisa” kepada para peserta didik. Dengan fasilitas 3 blok mesin untuk praktek, metode kursus dilaksanakan secara private class, di mana satu instruktur hanya mengajar maksimal 3 orang peserta.

Paket yang dapat diambil oleh peserta kursus korter adalah tingkat basic, intermediate, dan komplet (racing). Bagi peserta yang berasal dari luar kota Yogyakarta, kami juga menyediakan mess yang nyaman. Yang lebih menarik lagi, tersedia juga paket kursus korter plus mesin korter di mana peserta dapat mengikuti kursus reguler sekaligus membeli mesin korter dari kami dengan harga menarik.

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *