Ingin tahu berapa modal minimal yang dibutuhkan supaya bisa memulai bisnis bengkel korter?cek disini gan !

#BAGIKAN

Mungkin banyak orang bertanya, “Berapa modal minimal yang dibutuhkan supaya bisa memulai bisnis bengkel korter?” karena bengkel korter sering diidentikkan dengan mengeluarkan banyak uang untuk membeli satu set mesin korter dan peralatan lainnya. Itu pun belum termasuk biaya operasional seperti gaji pegawai, sewa tempat, dan ongkos listrik. Banyak orang yang kemudian enggan untuk membuka bengkel korter lalu memilih yang lebih aman, yakni membuka bengkel biasa.

bengkel korter

Padahal, peluang bisnis bengkel korter sangat menjanjikan di Indonesia. Walaupun memerlukan modal yang relatif besar, potensi omzet modifikasi korter untuk satu garapan mesin motor saja paling tidak sekitar Rp 250.000,- hingga Rp 300.000,-. Tarif korter mesin dapat lebih mahal lagi tergantung kesulitan dan spek yang diinginkan konsumen.

Poin plus lainnya, persaingan bengkel korter belum seketat bengkel biasa karena memang tidak semua bengkel mampu dan berani menerima order modifikasi korter. Hal ini karena korter mesin berkaitan dengan sektor paling vital, yakni blok silinder yang menuntut presisi tinggi dalam pengerjaan dan kehalusan dalam finishing touch agar hasilnya tidak mengecewakan.

Walaupun modifikasi blok silinder mungkin beresiko, mayoritas orang Indonesia lebih memilih modifikasi blok silinder pada mesin motor keluaran lama daripada harus membeli blok silinder baru yang harganya sangat mahal, tidak sebanding dengan harga sepeda motornya.

Karena itu lah, bengkel korter memiliki prospek yang sangat cerah di Indonesia sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dalam hal jumlah unit sepeda motor yang beredar. Peraturan di Indonesia belum seketat negara maju yang mewajibkan unit-unit sepeda motor keluaran lama untuk didaur ulang. Di Indonesia, motor-motor keluaran lama masih diminati dan itu artinya bengkel korter sangat dibutuhkan untuk memperbaiki motor-motor tersebut.

Dengan pangsa pasar yang besar, persaingan yang belum ketat, jelas bengkel korter menjanjikan pengembalian modal awal yang relatif lebih cepat daripada bengkel konvensional. Yang perlu dilakukan oleh seorang pebisnis bengkel korter pertama-tama adalah strategi marketing yang bagus dan efektif sehingga terbangun public awareness. Brand yang telah terbangun dengan baik di masyarakat pada akhirnya akan mempercepat tercapainya break event point (BEP) atau “balik modal.”

Satu lagi yang harus diperhatikan adalah sumber daya manusia (SDM) yang terlatih dan handal. Mekanik bengkel korter jelas berbeda dengan mekanik bengkel konvensional karena modifikasi korter hanya dapat ditangani oleh mekanik khusus yang memahami prinsip teknik korter dan mampu mengoperasikan mesin korter dengan benar. Para mekanik khusus ini sering disebut tuner karena mereka tidak sekedar memperbaiki (repair), namun juga menyetel (tune) mesin.

Maka, sebelum membuka bengkel korter, lebih baik disiapkan SDM-SDM yang handal dan terlatih yang siap bekerja. Latar pendidikan teknik otomotif memang menjadi poin plus bagi calon-calon mekanik di bengkel biasa, namun untuk bengkel korter itu tidak cukup. Modifikasi korter biasanya ditangani oleh para tuner berpengalaman karena umumnya para mekanik muda belum mendapatkan pendidikan dan pelatihan tentang teknik korter yang cukup jelas dan memadai dari pendidikan formal mereka.

Tapi, kelangkaan SDM bengkel korter yang handal dan terlatih itu kini dapat diatasi melalui program pelatihan teknik korter yang diadakan olegh www.korter.com di mana para peserta terjun langsung menangani korter mesin menggunakan blok silinder real di bawah instruksi instruktur berpengalaman. Tak hanya itu, sistem pembelajaran privat, di mana 1 orang siswa mengoperasikan 1 buah mesin dan diawasi oleh 1 orang instruktur akan menjamin output yang memuaskan. Paket yang dapat dipilih adalah tingkat basic, intermediate, dan paket komplet (korter balap).

Selain itu, www.kursuskorter.com juga menawarkan pilihan paket pembelian mesin korter dengan range harga bervariasi sesuai kebutuhan dan kemampuan. Bagi anda yang berniat untuk membuka bengkel korter, ini adalah penawaran yang bagus karena di www.kursuskorter.com anda dapat memilih berbagai paket pembelian mesin korter mulai dari kisaran harga Rp 26.500.000,- untuk paket “Hemat Usaha.” Untuk paket yang paling murah ini, anda akan mendapatkan: 1.mesin korter, 2. mesin poles, 3. alat ukur micrometer dan dial gauge, 3. honing lengkap, dan 4. dudukan klem.

Semoga artikel ini menjawab pertanyaan berapa modal minimal yang dibutuhkan supaya bisa memulai bisnis bengkel korter?

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *