Ini dia Tips  Mengatasi Suara Nembak Pada Knalpot Mio Soul? 

#BAGIKAN

 

Ini dia tips mengatasi suara nembak pada knalpot mio soul – Buat para pemilik matic mungkin sering mengeluh saat motor mereka terdapat suara nembak di knalpot Mio Soul. Suara nembak tersebut sebenarnya tidaklah berbahaya, tetapi jika tidak segera di atasi suara tersebut terasa mengganggu.

Suara nembak tersebut ternyata hampir sama seperti suara nembak pada motor vario, ternyata ledakan tersebut berasal dari sistem AIS ( air induction system ). Sistem pada AIS ini berfungsi sebagai penekan emisi gas buang dengan cara menambahkan udara ke saluran gas buang.

Ternyata pembakaran yang tidak sempurna di dalam engine maka akan mengeluarkan gas hydrocarbon yaitu sebuah bahan bakar yang belum sempat terbakar. Hydrocarbon ini ternyata memiliki jumlah yang cukup tinggi sehingga akan mengganggu keseharan manusia. Oleh karna itu, dengan di tambahkannya udara melalui sistem AIS ini di harapkan hydrocarbon bisa terbakar melalui panas di saluran buang.

Ini dia yang menjadi misteri kenapa bisa menimbulkan suara nembak di knalpot mio soul tersebut? Ternyata saat mengalami akselerasi dan deselerasi maka akan timbul suara dar, der dan dor. Biasanya hal tersebut terjadi pada mio soul yang sudah memiliki usia pakai yang cukup lama yaitu sekitar lebih dari 3 tahun. Yang menjadi penyebabnya yaitu di karenakan sistem AIS tersebut kotor, sehingga segera di atasi dengan cara di bersihkan, cara membersihkannya pun tidaklah susah Anda sendiri bisa melakukannya di rumah.

Ini dia tips mengatasi suara nembak pada knalpot mio soul :

  1. Segera buka pada body samping kiri terlebih dulu, mulai letakan AIS dan karburator secara berdekatan. Lalu gunakan obeng (+) lepas 2 buah baut pengikat AIS  
  2. Di sebuah AIS tersebut terdapat 3 buah selang, maka mulai lepaskan semuanya baik yang menuju mesin, intake dan filter udara.
  3. Selanjutnya lepas 4 buah baut pada AIS menggunkan obeng (+)
  4. Setelah mulai terlepas maka akan nampak pada lempengan besi yang bernama reed valve bersama stoppernya. Lempengan sudah terlepas dengan melepas pengikat menggunakan obeng kembang yang berukuran lebih kecil. 
  5. Ternyata jika, usia motor yang sudah terlalu lama akan menumpuk kotoran disini, sebaiknya gunakan sikat gigi dan bersihkan menggunakan sedikit bensin. 
  6. Kalau sudah maka tinggal pasang kembali sistem AIS seperti sebelumnya

Cukup mudah bukan? Maka dengan membersihkan sistem AIS sesuai dengan langkah di atas, suara nembak pun sudah hilang. Kini Anda bisa berkendara dengan lebih nyaman karena suara ledakan pun sudah tidak terdengar. Selamat mencoba !!!

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *