Inilah 4 Penyebab Gigi Persneling Motor Keras

#BAGIKAN

kursuskorter.com – Untuk kalian yang sering mengalami operan gigi persneling motor terasa berat pastinya harus tahu penyebab dari gigi persneling motor keras. Masalah pada persneling motor keras memang sudah banyak dialami dan dikeluhkan oleh para pengendara sepeda motor. Tentu, hal tersebut sangat menjengkelkan bukan?

Bagaimana tidak, saat sedang asyik melaju tiba-tiba gigi persneling terasa berat dan keras. Tentu, kondisi seperti ini bisa membahayakan bagi pengendaranya, apalagi jika sedang melaju dalam kecepatan yang tinggi. Selain bisa menyebabkan kecelakaan, masakah perpindahan gigi motor yang terasa berat atau keras bisa berdampak pada komponen mesin yang lain jika tidak segera ditangani.

Banyak sekali faktor penyebab persneling motor susah dioper yang sebenarnya bisa dicegah jika kita mengetahui penyebab gigi persneling motor keras. Karena, jika belum mengetahui permasalahan ini dengan benar maka bukan tidak mungkin niat hati ingin memperbaiki malah justri menambah kerusakan.

Penyebab Gigi Persneling Motor Keras

4 penyebab gigi persneling motor keras

  1. Penyebab gigi persneling motor keras yang pertama yaitu dikarenakan setelan mur dan baut pada spelling tuas persneling yang kurang pas. Pasalnya, pengaturan spelling atau jarak renggang pada tuas persneling ini memiliki settingan yang akan berdampak pada akselerasi motor. Dimana ketika diatur dengan ukuran sempit maka perpindahan giginya akan terasa lebih empuk tetapi untuk tarikan akselerasinya menjadi sedikit lambat. Begitu juga dengan sebaliknya, jika ukuran tuas persneling terlalu renggang maka perpindahan gigi akan mengalami kesulitan. Sebab, pada saat tangkai kampas belum mencapai posisi maksimal namun justru tangaki pemindah sudah menggeser posisi gigi.
  2. Selain itu, kerusakan yang terjadi pada arm pendorong kopling pun bisa menjadi salah satu penyebab gigi persneling motor keras. Karena, jika komponen ini rusak maka gigi persneling pun akan terasa susah dan sulit untuk berpindah meskipun mur-baut spelling sudah diatur dengan benar.
  3. Plat kopling yang sudah rusak pun bisa menjadi penyebab lainnya. Plat kopling yang sudah rusak perlu diganti, umumnya akan terlihat melengkung yang akan membuat kerenggangan antara kampas kopling koplight menjadi kurang maksimal. Sehingga gear box yang kondisinya masih berputar justru akan membuat tangkai pemindahnya menggeser drum pada pemindah gigi.
  4. Tidak berfungsinya clutch cover juga menjadi penyebab gigi persneling motor keras. Pada umumnya, tanda-tanda komponen ini rusak bisa diketahui dari timbulnya suara kasar ketika pemindahan gigi transmisi.

Selain keempat faktor diatas, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan perpindahan gigi persneling terasa berat. Antara lain seperti motor dipaksa membawa beban berat, setelan kopling handle yang kurang sesuai, kampas kopling yang mulai menipis, kabel kopling berkarat dan terlalu kaku.

Namun, dari sekian penyebab gigi persneling motor keras yang sering ditemukan yaitu setelan mur dan baut pada spelling tuas persneling yang kurang pas, setelah arm pendorong kopling dan plat kopling rusak serta clutcj cover yang tidak berfungsi. Maka, untuk dapat melakukan perbaikan dengan benar, maka kalian harus cermat dalam mendeteksi penyebab gigi persneling motor keras tersebut.

Nah, setelah kalian mengetahui beberapa penyebab dari gigi persneling motor yang keras, tentunya akan mudah untuk kalian mengatasinya. Namun, hal yang paling penting untuk dilakukan yaitu selalu rutin service motor agar segala kerusakan temasuk pada gigi persneling pun bisa diperbaiki atau dicegah sedini mungkin. Nah, semoga ulasan mengenai penyebab gigi persneling motor keras diatas bisa bermanfaat.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *