Kampas Kopling Aus Penyebab Tarikan Motor Kurang Maksimal

#BAGIKAN

Apakah anda merasa motor anda menjadi lemot, atau loyo dan tidak ada tenaganya? Coba cek kampas koplingnya karena kampas kopling aus penyebab tarikan motor kurang maksimal. Kampas kopling (clutch disc) berfungsi sebagai media yang menyalurkan tenaga mesin ke transmisi motor. Oleh karena itu lah, sia-sia saja jika spesifikasi motor sudah powerful namun ketika kampas koplingnya aus power dari mesin tidak dapat ditransfer dengan baik ke sistem transmisi dan roda penggerak sehingga tenaga motor pun terbuang percuma.

Kampas kopling yang masih berada dalam kondisi bagus akan memaksimalkan performa mesin motor.
Kampas kopling yang masih berada dalam kondisi bagus akan memaksimalkan performa mesin motor.

Selain menyebabkan tarikan motor menjadi kurang maksimal, kampas kopling yang telah aus membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena dengan putaran mesin yang tinggi namun motor tidak dapat melaju secara optimal. Laju motor yang tidak maksimal tersebut membuat kinerja motor menjadi tidak efisien karena putaran mesin yang tinggi, jumlah pasokan bahan bakar yang besar, dan power yang dihasilkan tidak sebanding dengan putaran roda yang lemah.

Kopling bekerja dalam mekanisme transfer gaya putar/ torsi, yakni memindahkan putaran mesin ke transmisi persneling. Skemanya, jika kopling ditekan, maka tidak akan ada gaya putar yang dipindahkan dari mesin ke transmisi persneling. Saat kopling dilepas, maka torsi gaya putar pada mesin pun berpindah ke sistem transmisi persneleng yang selanjutnya ditransfer ke roda penggerak melalui media gear set dan rantai.

Kampas kopling yang telah aus/ habis harus segera diganti untuk mengembalikan performa mesin motor dan menghindari kerusakan lebih parah.
Kampas kopling yang telah aus/ habis harus segera diganti untuk mengembalikan performa mesin motor dan menghindari kerusakan lebih parah.

Untuk usia pemakaian, kampas kopling dapat bertahan sekitar 20.000-30.000 km, bisa lebih dan bisa kurang, tergantung dari perawatan dan pemakaian. Bahkan, pada beberapa kasus kampas kopling dapat awet hingga 40.000 km karena si empunya motor paham bagaimana caranya memakai motor dengan benar agar kampas koplingnya tetap awet. Jika rata-rata usia pemakaian motor selama setahun adalah 10.000 km, maka bukan mustahil jika dalam kondisi normal, pemakaian yang wajar, dan perawatan yang rutin kampas kopling dapat bertahan hingga 4 tahun.

Meskipun tergolong memiliki usia pakai yang panjang, kampas kopling harus segera diganti jika telah menunjukkan gejala-gejala keausan. Tanpa disadari, kampas kopling yang aus akan memperberat beban kerja mesin, dan jika dibiarkan terus menerus akan beresiko terjadi kerusakan atau keausan yang lebih luas lagi, seperti pada tutup, rumah, karet, hingga per koplingnya. Tentu hal tersebut akan menambah daftar anggaran perbaikan anda bukan?

Dengan peran kampas kopling yang demikian pentingnya untuk mentransfer power putaran mesin ke transmisi persneling dan akhirnya menggerakkan roda, wajar jika kampas kopling yang telah habis atau aus akan sangat mempengaruhi penurunan performa motor. Tarikan pun menjadi kurang maksimal sehingga akeselerasi motor berkurang drastis. Imbasnya, motor pun membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai top speed.

Selain kampas kopling, pastikan juga sektor rumah dan plat kopling terjaga kondisinya.
Selain kampas kopling, pastikan juga sektor rumah dan plat kopling terjaga kondisinya.

Selain akselerasi yang turun drastis dan waktu yang lebih lama untuk mencapai top speed, kampas kopling yang telah aus juga dapat dikenali dari raungan mesin motor yang tinggi namun tenaga tidak ada alias “loyo.” Jarum rpm dan knalpot berteriak-teriak, tetapi motor tidak segera melesat atau “lemot”. Gejala lainnya adalah selip kopling, meskipun selip pada bagian kopling dapat disebabkan oleh pemilihan jenis oli yang tidak sesuai dengan karakter mesin motor.

Untuk mencegah kampas kopling cepat aus, lebih baik lakukan perawatan rutin seperti service berkala, ganti oli rutin, dan hindari gaya berkendara yang dapat memperpendek usia pakai kampas kopling seperti suka menggantung kopling, menarik tuas kopling ketika berhenti di lampu merah, dan melakukan perpindahan gigi persneleng secara kasar. Terakhir, jika tarikan motor tetap tidak maksimal meskipun perawatan rutin dan ganti oli berkala sudah dilakukan, segera cek kondisi kampas kopling. Jangan tunggu hingga aus atau gosong.

 

#BAGIKAN

5 Replies to “Kampas Kopling Aus Penyebab Tarikan Motor Kurang Maksimal”

  1. mohon infonya, motor saya vega 2005 baru gantimkaret kopling. sewaktu memasukan ke gigi 1 ko gk nyangkut ya malah loncat dan mati. seperti motor berkopling manual yg ngk di tekan handle koplingnya. mohon info dan bantuannya terima kasih.

    1. Your comments will appaer after approval.salam sukses..sip om..bener perlu di garis bawahi bahwa segala sesuatunya memang rawatan rutinlah bikin mesin mobil jadi awetnice infotq

    2. Gan itu gak masalh di kampas kopling Nya.. tapi masalah di Rumah close nya
      lengket.. Seperti pemakaian Kopling kaki..
      COba di cek in aja Ke bngkel tu gan ?

  2. mx king kilometer 27 ribuan, pas tarik kopling full n mulai gas, kadang ada suara cetuk2 di dalam mesin. apa kemungkinan karetnya getas ya gan?

  3. Gan motor saya supra fit 2004 sudah ganti kainklos,ganda klosnya di las kenapa pas dibawa motornya nahan terus kecepatannya tenaga tidak ada kasih solusi nya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *