Lapangan Kerja Mekanik Korter Terbuka Lebar, Persiapkan Diri Dengan Mengikuti Kursus Korter

#BAGIKAN

Saat ini lapangan kerja mekanik korter terbuka lebar, persiapkan diri dengan mengikuti kursus korter karena keterampilan yang tinggi akan menjadi bekal yang berharga bagi seorang mekanik korter. Seorang mekanik korter berbeda dari mekanik konvensional karena dalam modifikasi korter dituntut untuk memiliki pemahaman menyeluruh tentang seluk beluk mesin motor, karakteristik mesin 2 tak dan 4 tak, memiliki intuisi tajam dalam hal pengukuran skala mili meter, dan tentu saja kemampuan dalam mengoperasikan berbagai jenis mesin bubut yang digunakan dalam modifikasi korter mesin.

Korter mesin dibutuhkan karena saat ini jumlah unit sepeda motor yang beredar di Indonesia sangat banyak sehingga Indonesia menempati peringkat ketiga di dunia sebagai negara dengan jumlah sepeda motor yang beredar terbanyak. Tentu saja berbagai jenis sepeda motor tersebut memerlukan perawatan, mulai dari yang tingkat ringan hingga perawatan berat yang berkaitan dengan jeroan mesin, atau istilahnya turun mesin.

Kursus Korter Lengkap
kursuskorter.com

Untuk motor-motor keluaran lama, yang masih banyak beredar di Indonesia, kinerja mesin motor akan mengalami penurunan seiring dengan faktor usia yang makin bertambah. Penurunan itu diakibatkan oleh semakin ausnya komponen-komponen di dalam mesin, terutama di bagian blok silinder. head silinder dan piston berperan ibarat jantung bagi sepeda motor karena di sektor tersebut lah pembakaran terjadi dan gas buang dihasilkan. Pembakaran dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga penggerak bagi motor. Maka, jika komponen head silinder dan piston mengalami kerusakan, otomatis motor akan kehilangan kemampuannya dalam memproduksi power seperti sedia kala. Ibaratnya, motor mengalami gagal jantung sehingga tenaga yang dihasilkan tidak sebanding dengan putaran mesin yang tinggi.

Kerusakan yang terjadi pada blok silinder biasanya berupa baret-baret akibat terus menerus digerus oleh piston yang naik turun dalam melakukan kompresi. Gesekan antar logam tentu akan menimbulkan goresan dan luka seiring dengan waktu. Hal itu dapat diperparah lagi jika sepeda motor kurang mendapatkan perawatan rutin seperti penggantian oli pelumas berkala. Telat dalam mengganti oli akan membuat dinding liner silinder menjadi semakin rentan tergores karena oli yang terlalu lama berada di dalam mesin tanpa diganti mengandung serpihan logam berukuran mikroskopis. Di samping itu, oli juga akan mengalami penyusutan dalam jangka waktu tertentu sehingga blok silinder akan mengalami kekeringan. Jika dibiarkan, mesin dapat rontok.

Kerusakan pada head silinder dan piston dapat diatasi dengan penggantian blok mesin total. Namun, tentu saja harganya mahal, apalagi jika motornya keluaran lama sehingga untuk mendapatkan blok mesin baru atau yang masih bagus cukup sulit. Maka, alternatif yang lebih murah adalah melakukan korter mesin.

Korter mesin pada prinsipnya adalah ubahan yang dilakukan pada blok silinder dengan cara memperbaiki liner silinder yang telah mengalami baret atau mengganti piston yang telah rusak dengan piston baru berukuran oversize. Agar berfungsi normal kembali dan sesuai dengan ukuran piston oversize, dinding liner silinder harus dikikis dengan menggunakan mesin korter. Dalam tahap ini, seorang mekanik korter harus berpatokan pada pengukuran awal yang telah ia lakukan pada diameter piston oversize, seberapa tebal dinding liner silinder yang harus ia kikis, berapa besar clearance (jarak antara piston dan dinding silinder), dan berapa tebal dinding yang harus ia sisakan untuk proses pemolesan pada tahap akhir. Semua itu juga harus ia pertimbangkan dengan berpatokan pada karakter mesin yang hendak ia bangun sesuai dengan kebutuhan konsumen, apakah untuk kebutuhan harian atau kompetisi.

Dengan berbagai kompleksitas yang terdapat dalam modifikasi korter mesin seperti di atas, maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa mekanik korter berbeda dengan mekanik biasa yang hanya menangani perbaikan umum seperti di bengkel-bengkel konvensional. Karena itu lah, mekanik korter yang handal masih cukup sulit ditemukan dan bengkel-bengkel korter yang dikenal mampu mengerjakan korter dengan baik sangat dicari oleh para konsumen.

Lalu bagaimana caranya untuk menjadi seorang mekanik korter yang handal? Bergabung lah dalam program kursus korter yang kami selenggarakan di bengkel NBS Yogyakarta. Kami telah berpengalaman selama puluhan tahun dalam dunia korter mesin sepeda motor. Dalam program kursus korter ini, para peserta akan dikenalkan pada prinsip-prinsip ubahan korter pada mesin 2 tak dan 4 tak, mengenali alat-alat ukur yang digunakan, pengoperasian mesin bubut korter, mesin poles dan mesin miling, dan tak lupa peserta juga dilatih dan diawasi oleh instruktur-instruktur yang telah berpengalaman dalam modifikasi korter mesin.

Untuk informasi lebih lanjut tentang program kursus korter kami, silakan hubungi:

SMS/WA 0882-1627-9660
Pin 51F-36C-95
Alamat kantor: Jl. Wachid Hasyim 108 Bantul, Yogyakarta

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *