Meningkatkan Omset Bengkel Anda dengan Mesin Korter

#BAGIKAN

http://kursuskorter.com   Bengkel yang omset atau keuntungannya dapat berlipat ganda adalah bengkel yang memiliki layanan service lengkap. Dan salah satu layanan service yang untungnya besar adalah layanan turun mesin atau biasa disebut korter dan modifikasi. Nah, kalau bengkel Anda ingin mempunyai layanan service yang dapat melipatgandakan omset bengkel Anda, Anda wajib mempunyai mesin korter.

Mungin, Anda yang saat ini bergelut di dunia perbengkelan sudah tahu apa itu mesin korter serta fungsinya. Namun, bagi mereka yang tidak bergelut di bidang perbengkelan pasti belum tahu apa itu mesin korter. Jangankan untuk tahu mesin korternya, fungsinya saja mereka belum tahu. Daripada bingung sampai dahi berkerut hanya untuk memikirkan apa itu mesin korter, berikut ini penjelasannya.

Pada dasarnya, mesin korter sama dengan mesin bubut. Mesin korter adalah mesin dengan sistem bubut yang dinunakan untuk bekerja pada bidang silinder. Singkatnya, fungsi utama mesin korter adalah untuk menambah ukuran lubang pada bidang silinder. Jadi, cara kerja mesin korter ini yaitu dengan mengikis sisi bagian dalam pada silinder atau blok silinder.

Biasanya, bagian dalam motor yang perlu dikorter adalah piston. Kenapa? Berikut ini beberapa alasan mengapa sebuah piston perlu dikorter.

  1. Mengoptimalkan kinerja pembakaran

Sepeda motor yang dipakai terus-menerus dapat membuat sisi bagian dalam silinder piston menjadi berkerak, kotor dan aus. Sehingga membuat fungsi pembakaran motor dapat berkurang sampai 40%. Nah, inilah yang biasa Anda sebut dengan istilah turun mesin.

Tujuan kenapa piston dikorter yaitu supaya sisi bagian dalam piston terkikis. Setelah terkikis, ukuran bagian dalam silinder piston akan menjadi lebih lebar dan membuat kinerja pembakaran kembali lebih optimal. Tidak hanya itu, hasil pembakaran pun jauh lebih bersih sehingga asap yang keluar dari knalpot tidak mengepul.

  1. Meningkatkan kecepatan motor

Meningkatkan kinerja dan kecepatan motor adalah layanan service wajib untuk jasa modifikasi motor. Caranya yaitu dengan mengkorter piston pada bagian sisi dalamnya. Hampir sama dengan cara turun mesin. Hanya saja pada bagian ini piston tidak selalu dalam keadaan aus.

Tujuan utama dari pengkorteran ini yaitu untuk memperlebar ukuran sisi dalam silinder atau biasa dinamakan oversize piston. Ukuran silinder yang lebih luas akan membuat ruang pembakaran juga lebih luas. Sehingga kemampuan mesin motor akan lebih meningkat. Namun, dampaknya akan mebuat motor lebih boros bahan bakar.

Sebagai gambaran kenapa jasa korter dapat melipatgandakan omset usaha bengkel Anda, ini adalah karena nilai jasa korter cukup lumayan. Jasa oversize dengan ukuran khusus untuk keperluan modifikasi bisa mencapai 300 sampai 500 ribu rupiah.

Sedangkan jasa oversize untuk keperluan mengikis piston yang kondisinya sudah aus atau biasa disebut dengan istilah turun mesin yaitu sekitar 250-200 ribu rupiah. Harga tersebut biasanya tergantung dengan jenis motor, tingkat kesulitan, ukuran piston dan kualitas kerja mesin korter.

Jadi, Anda sudah tahu kan kenapa mesin korter bisa meningkatkan omset usaha bengkel Anda? Anda pasti tahu kalau jumlah sepeda motor yang aus pasti akan bertambah. Sehingga pengguna sepeda motor pasti membutuhkan jasa service turun mesin dan modifikasi.

Untuk harga mesin korter sekitar 20 jutaan. Harga tersebut sesuai dengan omset yang akan Anda dapatkan nantinya. Misalnya sehari bengkel Anda menggarap 3-4 jasa korter, Anda bisa dapat keuntungan kotor sekitar 1 juta lebih, kalikan dengan satu bulan (30 hari), omset kotor bengkel Anda untuk jasa korter saja sudah mencapai 30 jutaan lebih, belum lagi dengan tambahan omset lainnya seperti ganti oli, ganti ban,  sprarepart dan sebagainya.|

Bukan tidak mungkin kan kalau penghasilan bengkel Anda bisa mencapai sekitar 50 jutaan/bulan?

Supaya banyak orang yang tahu bahwa bengkel Anda membuka jasa korter, Anda dapat mempromosikannya lewat koran dan internet kalau bengkel Anda menerima jasa turun mesin dan modifikasi handal. Gampang kan? Tapi, kalau dana Anda terbatas, Anda bisa membeli mesin korter bekas dulu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Simak video di bawah ini tentang cara kerja mesin korter. Jangan lupa mampir ke link Youtube kursuskorter dan SUBSCRIBE ya 🙂

https://www.youtube.com/watch?v=LCZHGsjn5Vg

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *