Pentingnya Menservis Motor Kamu Secara Rutin Agar Kondisi Mesin Motor Kamu Selalu Dalam Kondisi Optimal

#BAGIKAN

Sepeda motor kini menjadi moda transportasi yang paling diandalkan di Indonesia. Hal ini disebabkan makin mudahnya pengajuan kredit motor, belum tersedianya moda transportasi umum yang nyaman dan aman, dan tentu saja karena menggunakan sepeda motor bisa menghemat biaya ongkos.

Karena berbagai kelebihan sepeda motor dibandingkan moda transportasi lainnya itu lah, kini di Indonesia bagaikan lautan sepeda motor. Memiliki lebih dari satu sepeda motor dalam satu keluarga bukan hal yang aneh lagi. Namun, tentu saja memiliki sepeda motor juga harus memperhatikan perawatan rutinnya agar sepeda motor tetap berfungsi normal, nyaman dikendarai dan tidak mengalami resiko kerusakan parah di kemudian hari.

servis motor berkala hendaknya dilakukan secara rutin dan tepat waktu
servis motor berkala hendaknya dilakukan secara rutin dan tepat waktu

Perawatan rutin yang dapat dilakukan oleh para pemilik sepeda motor adalah dengan melakukan servis rutin berkala sesuai dengan petunjuk yang tertulis di buku manual kendaraan bermotor. Walaupun servis periodik ini biasanya hanya bersifat ringan saja, seperti membersihkan karburator, filter udara, menyetel gas, melumasi rantai, atau memeriksa tekanan ban namun manfaatnya sangat besar bagi usia pakai mesin sepeda motor.

Biasanya servis rutin dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin. Hal ini dimaksudkan agar lebih praktis saja sehingga tidak perlu bolak balik ke bengkel atau bongkar pasang mesin dan body. Penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap 3.000 km sekali karena pada angka jarak tempuh itu kinerja oli mencapai puncak stress-nya sehingga jika dipaksakan tetap bekerja tanpa ada penggantian justru oli mengalami penurunan kualitas.

Oli yang terlalu lama tidak diganti akan mengalami penurunan kepekatan sehingga menjadi encer. Lama kelamaan pun oli akan berubah warna menjadi kehitaman karena pengaruh panas mesin. Oli yang sudah berubah kepekatan dan warna ini tak mampu lagi melindungi bagian-bagian mesin dari gesekan yang terjadi di dalam mesin sehingga nantinya bisa menyebabkan kerusakan fatal.

Untuk itu, servis rutin berkala penting dilakukan agar mesin sepeda motor tetap berfungsi optimal setiap hari. Mesin yang terjaga keoptimalannya akan memiliki usia pakai yang lebih panjang sehingga menghemat anggaran untuk penggantian sparepart atau bahkan hingga turun mesin jika mengalami kerusakan fatal.

Keuntungan lain dari servis sepeda motor yang rutin dilakukan tepat pada waktunya adalah menghindari resiko bahaya kecelakaan akibat kondisi motor yang buruk. Sepeda motor yang selalu dirawat secara rutin akan mampu bekerja optimal sehingga tidak akan mengalami rem blong, ban kempes, lampu tidak menyala, slip kopling, atau rantai putus seperti yang kerap terjadi pada sepeda motor yang jarang diservis secara rutin.

Kejadian-kejadian yang diakibatkan oleh kurang terawatnya sepeda motor tersebut tentunya beresiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Itu lah beberapa hal yang menjelaskan pentingnya pentingnya menservis motor kamu secara rutin agar kondisi mesin motor kamu selalu dalam kondisi optimal. Untuk itu, dari sekarang mari kita mulai membiasakan untuk melakukan servis rutin pada sepeda motor karena itu juga menyangkut keselamatan kita di jalanan sehari-hari.

 

#BAGIKAN

One Reply to “Pentingnya Menservis Motor Kamu Secara Rutin Agar Kondisi Mesin Motor Kamu Selalu Dalam Kondisi Optimal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *