Peran dan Fungsi Noken As Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor 4 Tak

#BAGIKAN

Noken as memiliki peran yang sangat vital pada mesin sepeda motor 4 tak. Namun, sebelum membahas peran dan fungsi noken as terhadap performa mesin sepeda motor 4 tak, ada baiknya kita membahas dahulu apa itu mesin 4 tak.
Mesin 4 tak (four stroke engine) adalah tipe mesin yang memerlukan 4 proses langkah naik turun piston (langkah hisap, kompresi, tenaga, dan buang), 2 kali putaran kruk as, dan 1 kali putaran noken as dalam 1 kali proses pembakaran. Di sini lah letak pentingnya noken as karena komponen ini mengatur buka tutup klep (valve) yang mempengaruhi pasokan bahan bakar dan udara yang dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga (power).

Noken as racing yang kini banyak dijual di pasaran.
Noken as racing yang kini banyak dijual di pasaran.

Berbeda dengan mesin 4 tak, pada mesin 2 tak hanya memerlukan 2 langkah naik turun piston dan 1 kali putaran kruk as. Karena pada mesin 2 tak tidak menggunakan mekanisme buka tutup katup (valve), maka mesin 2 tak tidak membutuhkan noken as (camshaft).
Camshaft atau cam atau noken as adalah komponen yang terdapat pada mesin 4 tak yang berfungsi untuk mengatur dan menggerakkan katup/ klep (valve) dengan cara mendorongnya dengan dua tonjolan (lift). Klep in yang terdorong oleh tonjolan (lift) noken as akan terbuka sehingga mengalirkan bahan bakar serta udara ke ruang pembakaran. Satu tonjolan lainnya berfungsi untuk mendorong klep out agar gas sisa hasil pembakaran dibuang keluar menuju saluran pembuangan.
Noken as digerakkan oleh timing chain (rantai kamprat/ rantai keteng) yang menghubungkannya dengan kruk as (crankshaft). Pada sepeda motor jenis matic, keduanya dihubungkan oleh timing belt. Rantai keteng tersebut bertugas untuk menjaga ritme putaran noken as agar sesuai dengan putaran kruk as di mana 1 kali putaran noken as sama dengan 2 kali putaran kruk as.
Peran vital noken as dalam performa mesin sepeda motor 4 tak terletak pada fungsinya yang mengatur kapan klep terbuka sehingga timing bahan bakar dan udara yang masuk ke head silinder tepat sesuai dengan langkah piston (stroke).

Salah satu produk noken as racing bahan Estilo yang dijual di situs www.nokenasracing.com
Salah satu produk noken as racing bahan Estilo yang dijual di situs www.nokenasracing.com

Dalam hal performa mesin, timing buka tutup klep tersebut dapat diatur untuk mendapatkan torsi. Jika menginginkan torsi pada putaran (rpm) rendah, maka timing buka tutup klep bisa dimajukan. Sebaliknya, jika menginginkan torsi pada rpm atas, maka timing buka tutup klep harus dimundurkan.
Dikarenakan performa mesin sepeda motor 4 tak ditentukan oleh mekanisme timing buka tutup klep, dan proses tersebut diatur oleh noken as (camshaft), tak heran jika peran noken as sangat siginifikan. Modifikasi atau ubahan pada lift noken as akan mempengaruhi keseluruhan proses tersebut, durasi buka tutup klep pun juga dapat diperpanjang atau diperpendek sehingga mesin sepeda motor pun menghasilkan power yang diinginkan.

 

Informasi lebih lengkap tentang noken as racing, silakan klik www.nokenasracing.com

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *