Peserta Kursus Korter Bengkel NBS Jogja Asal Palu Belajar Teknik Bubut Silinder Mentah

#BAGIKAN
Proses Kursus Bubut Di Kursus Korter
Proses Kursus Bubut Di Kursus Korter

Pada kesempatan kali ini mas Dedi Prasetyo, peserta Kursus Korter Bengkel NBS Jogja asal Palu belajar teknik bubut silinder mentah. Materi teknik bubut ini diberikan jika peserta kursus mengambil paket kursus komplit yang terdiri dari materi teknik korter, teknik poles, teknik miling, dan teknik bubut dasar.

Didampingi instruktur paling senior dan berpengalaman, Mbah Yono, mas Dedi Prasetyo, peserta Kursus Korter bengkel NBS Jogja asal Palu belajar teknik bubut silinder mentah diawali dengan melakukan pengecekan pada mesin bubutnya. Sebagai informasi, Mas Dedi ini selain mengambil paket Kursus Korter Komplit juga mengambil paket pembelian mesin “Super Komplit” yang terdiri dari empat mesin yaitu mesin korter tipe T807A, mesin poles bor duduk tipe Westlake, mesin miling tipe ZX7016, mesin bubut tipe Lathe CQ6230AX9190, dan juga meja kerja beserta kelengkapan mesin seperti alat ukur, honing, dan dudukan klem.

Setelah melakukan pengecekan dan penyetingan awal, Mas Dedi mulai mengoperasikan mesin bubut yang memiliki table maksimal 1,5 meter itu. Kali ini, ia akan melakukan bubut dinding luar silinder mentah dari Yamaha Crypton. Bubut silinder mentah ini dilakukan untuk menyesuaikan diameter luar silinder mentah dengan diameter blok mesin yang hendak diganti booring silindernya.

Jika proses bubut silinder mentah dirasa cukup, maka dilanjutkan dengan proses miling menggunakan mesin miling tipe ZX7016 untuk membuat lubang hisap dan lubang buang. Perlu diketahui bahwa teknik miling ini lah yang membedakan modifikasi korter silinder antara mesin 2 tak dan mesin 4 tak di mana pada booring silinder mesin 2 tak harus dibuat lubang hisap dan lubang buang yang tidak terdapat pada booring silinder mesin 4 tak.

Untuk membuat lubang hisap dan buang pada dinding booring silinder tadi, maka sebelumnya peserta Kursus Korter harus menggambar polanya terlebih dahulu menggunakan kertas putih yang dimasukkan ke dalam silinder blok mesin. Proses ini biasa disebut “ngemal” alias njiplak dari lubang yang ada di blok agar hasilnya presisi.

Itu lah beberapa tahapan yang dilalui oleh mas Dedi Prasetyo, peserta kursus korter bengkel NBS Jogja asal Palu belajar teknik bubut silinder mentah Yamaha Crypton. Masih banyak lagi teknik yang dipelajari di Kursus Korter bengkel NBS Jogja, seperti teknik korter dinding dalam booring silinder dan teknik poles menggunakan mesin poles bor duduk tipe Westlake sebagai proses finishing akhir.

Tertarik untuk bergabung di Kursus Korter bengkel NBS Jogja atau mengambil paket pembelian mesin? Ikuti jejak mas Dedi Prasetyo, peserta kursus korter bengkel NBS Jogja asal Palu belajar teknik bubut silinder mentah yang bertekad akan membuka bengkel korter di Palu karena potensinya sangat besar di luar Jawa walaupun dia sudah jadi juragan cengkih. Mantap, semoga sukses mas Dedi J

Info Kursus Korter atau pembelian mesin hubungi:

Pak Bayu (0882-1627-9660)

Pin BBM 51F-36C-95

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *