Sejarah Sepeda Motor Yang Mulai Terlupakan Oleh Anak Muda

#BAGIKAN
rakitan motor pertama
rakitan motor pertama

Sejarah penemuan sepeda motor – Sepeda motor ialah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak ban yang segaris lurus agar saat melaju dalam kecepatan tinggi tetap stabil, ini dipengaruhi oleh gaya giroskopik. Dan untuk kecepatan rendah, bergantung pada keseimbangan yang dilakukan oleh si pengendara.

Sepeda motor kini sudah merajalela dengan banyaknya model dan macam jenisnya. Sepeda motor juga merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan di berbagai negara, pun sama dengan di Indonesia.

Tapi tahukah kalian bagaimana pertama kalinya sepeda motor dibuat? Sebenarnya Sepeda motor merupakan perkembangan dari sepeda konvesiaonal yang terlebih dulu ditemukan.

Pada tahun 1868 sepeda motor pertama kali dirancang oleh Ernest Michaux, tenaga penggerak yang direncanakan olehnya menggunakan mesin uap namun proyek ini tidak berhasil.
Edward Butler mencoba menyempurnakannya pada tahun 1885. Ia membuat kendaraan lain yang menggunakan tiga roda dan digerakkan dengan menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.
Sejak penemuan itu, semakin banyak dilakukan percobaan membuat motor dan mobil. Salah satunya dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Jerman.
Nikolaus Otto berhasil membuat mesin empat langkah atau yang disebut juga mesin empat tak dan penemuan tersebut telah dipatenkan pada tahun 1877. Walaupun mesin empat tak tersebut masih terlalu sederhana dan kurang berdaya guna, namun mesin tersebut sangat diharapkan mampu menggantikan mesin uap. Pada tahun 1880, Daimler dan Maybach dipecat dari perusahaan tersebut dan keduanya mendirikan bengkel di Suttgart. Pada tahun 1885, keduanya menciptakan karburator untuk mencampur bensin serta udara sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin empat tak ciptaan Otto. Mereka mengembangkan mesin empat tak menjadi silinder 100 cc dan meletakkan mesin tersebut pada sebuah sepeda kayu. Sepeda kayu bermesin tersebut disebut sebagai Reitwagen (riding car) dan telah menjadi sepeda motor pertama di dunia.
Dan sekarang banyak bermunculan jenis sepeda motor, mulai dari sepeda motor skuter matik, sepeda motor sport, sepeda motor road bike sport/standard, sepeda motor cruiser, sepeda motor trail/off-road, dan sepeda motor bebek/cub/moped.
Tahun 1893 Sepeda motor pertama kali masuk ke Indonesia. Dan menjadi kendaraan andalan dan paling banyak digunakan oleh masyarakat indonesia.
Nah, itulah yang harus generasi muda ketahui tentang sepeda motor. Tidak hanya asal pakai dan dirusak, namun juga mengetahui sejarahnya.
#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *