Sirkuit Mugello Memiliki Trek Lurus Terpanjang yang Menguntungkan Rider Ducati

#BAGIKAN

Sirkuit Mugello memiliki trek lurus terpanjang yang menguntungkan rider Ducati. Seri ke-6 motogp akan digelar di sirkuit Mugello Italia esok hari. Sirkuit ini menjadi homebase bagi tim pabrikan asal Italia, Ducati beserta duo ridernya yang juga berdarah Italia, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Salah satu karakteristik sirkuit yang dibangun pada 1974 di dekat kota Firenze itu adalah trek lurusnya yang super panjang, mencapai 1.141 meter.

Panjang trek lurus tersebut diyakini akan menguntungkan Ducati mengingat mereka memiliki mesin yang powerful di lintasan lurus. Dengan keuntungan itu, tentu para rider Ducati akan memaksimalkan laju motor mereka di lintasan lurus yang panjang itu hingga kecepatan maksimum. Trek lurus sepanjang itu pun dapat dilibas dengan kecepatan hingga 362 km/ jam sebelum kecepatan harus diturunkan drastis untuk memasuki tikungan.

Tim Ducati diyakini bakal superior di Mugello esok hari.
Tim Ducati diyakini bakal superior di Mugello esok hari.

Hasil sesi latihan bebas 1 dan 2 membuktikan bahwa sirkuit Mugello memiliki trek lurus terpanjang yang menguntungkan rider Ducati dengan menempatkan rider utama Ducati, Andrea Dovizioso sebagai yang tercepat. Catatan waktunya di latihan bebas ke-2 bahkan lebih baik dari sesi latihan bebas ke-1. Ia pun berambisi untuk menyapu bersih sesi kualifikasi yang berlangsung hari ini.

Namun, walaupun sirkuit Mugello memiliki trek lurus terpanjang yang menguntungkan rider Ducati, sirkuit dengan desain modern ini memiliki kombinasi beberapa tikungan lambat dan cepat yang menuntut kelihaian dan skill mumpuni para rider. Tercatat ada 15 tikungan dengan variasi 6 tikungan kiri dan 9 tikungan kanan. Lebar lintasan sebesar 14 meter menjadikan sirkuit ini favorit para rider yang terbiasa melakukan take over di tikungan seperti Rossi dan Marquez.

Jadi, dalam duel para joki motor terkenceng di dunia itu esok hari, kita akan disuguhkan dengan superioritas mesin Desmosedici milik Ducati di lintasan lurus, dan kemampuan control di tikungan yang menawan dari tim Honda. Namun, jangan lupakan performa menawan dari duo Yamaha yang kini tengah sama-sama on fire, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Sirkuit Mugello memiliki trek lurus terpanjang yang menguntungkan rider Ducati mungkin memang benar di atas kertas, namun banyak faktor yang akan mempengaruhi hasil akhir race esok hari seperti skill dari pembalap, settingan motor, pemilihan ban, dan cuaca. Semoga race besok berjalan dengan seru.

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *