Tarikan Motor Kamu Udah Mulai Terasa Loyo? Coba Deh Cek Bagian-Bagian Motor Ini Supaya Bisa Mengembalikan Tenaga Motor Kembali Normal

#BAGIKAN

Artikel ini akan memberikan penjelasan untuk menjawab pertanyaan umum yang kerap mengganggu para pengendara sepeda motor, yakni: Tarikan motor kamu udah mulai terasa loyo? Coba deh cek bagian-bagian motor ini supaya bisa mengembalikan tenaga motor kembali normal.

Beberapa bagian motor yang perlu dicek ketika motormu mengalami penurunan performa atau tenaganya terasa loyo, yaitu:

  1. Filter udara. Bagian ini memegang peranan penting dalam proses pembakaran bahan bakar karena pasokan bahan bakar masuk melalui filter udara. Jika banyak kotoran yang menempel pada filter, tentu akan menghambat aliran udara yang masuk sehingga pasokan udara menjadi berkurang. Akibatnya, nafas motor menjadi berat. Untuk menghindarinya, cukup bersihkan secara rutin setiap melakukan service rutin bulanan. Jika dirasa busa filter sudah tidak layak pakai, maka sebaiknya diganti dengan yang baru agar fungsinya sebagai penyaring udara dapat kembali optimal.
  2. Karburator. Karburator berfungsi untuk melakukan proses pengabutan antara udara dan bahan bakar sebelum disuplai ke ruang bakar. Kondisi karburator sangat berpengaruh pad performa motor, baik dari segi akselerasi, power, hingga nafas motor. Jika karburator kotor atau terdapat air yang masuk, maka kemampuan karburator akan menurun drastic. Akibatnya, pembabakaran di mesin juga tidak akan maksimal, dan membuat mesin menjadi mudah ngadat. Untuk mencegahnya, karburator harus rutin dibersihkan dan dicek apakah pegas, membran dan klep karburator masih bagus atau perlu diganti.
  3. Busi. Busi yang bermasalah dapat menurunkan performa mesin motor karena pengapian menjadi tidak optimal sehingga bahan bakar tidak terbakar sempurna. Busi yang tidak optimal tersebut dapat disebabkan oleh kotoran yang menumpuk di lubang busi, atau busi berjelaga. Untuk membersihkannya, cukup ditiup pada lubang busi dan menggosok dengan amplas.
  4. Jarum skep. Stelan jarum skep yang tidak tepat juga akan menyebabkan penurunan pada tenaga mesin. Untuk mencegahnya, jangan menyetel jarum skep terlampau tinggi. Pastikan bahwa anda mengerti betul cara menyetel jarum skep, jika kurang mengerti lebih baik minta bengkel langganan untuk menyetelnya.
  5. Knalpot. Knalpot adalah bagian terpenting pada saluran pembuangan untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran dan juga membuang panas yang dihasilkan dari proses pembakaran. Semakin lama, tentu kerak sisa pembakaran dapat menumpuk di dalam knalpot dan akan menghambat aliran gas sisa pembakaran yang hendak dibuang. Untuk membersihkan knalpot, cukup tuangkan oli ke dalam lubang knalpot, lalu nyalakan mesin selama kurang lebih 1-5 menit hingga oli di dalam knalpot menguap bersama kotoran yang mengendap.
Pengecekan dan servis rutin adalah cara paling efektif untuk menghindari penurunan performa motor.
Pengecekan dan servis rutin adalah cara paling efektif untuk menghindari penurunan performa motor.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu cek dan temukan solusinya ketika motormu terasa loyo. Walaupun ada banyak faktor lain yang mempengaruhi performa motor, seperti tekanan ban, kondisi rantai dan gear set, jenis bahan bakar yang digunakan, hingga kondisi blok silinder, namun pada dasarnya ke lima hal di atas adalah faktor umum yang sering mempengaruhi performa motor harian. Jika pengecekan dan perawatan rutin dilakukan dengan benar, maka motormu tidak akan mudah loyo lagi.

 

#BAGIKAN

One Reply to “Tarikan Motor Kamu Udah Mulai Terasa Loyo? Coba Deh Cek Bagian-Bagian Motor Ini Supaya Bisa Mengembalikan Tenaga Motor Kembali Normal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *