Ternyata Begini Ciri-Ciri Hasil Korteran yang Baik dan Benar

#BAGIKAN

KURSUKORTER.COMCiri-ciri hasil korteran yang baik yaitu dapat meningkatkan performa motor. Secara sepintas modifikasi oversize memang terlihat mudah, yaitu hanya dengan mengganti piston standar dengan piston lain yang memiliki diameter yang lebih besar. Akan tetapi  pada prakteknya kita harus benar-benar memperhatikan ukurannya. Harus dipahami juga bahwa pada blok mesin memiliki batas maksimal yang dapat diterima untuk mampu menopang ukuran silinder maksimalnya. Jangan sampai menambah ukuran diameter silinder dengan ekstrim tanpa mempertimbangkan kondisi blok.

oversize blok mesin
oversize blok mesin

Faktor yang sangat menentukan output dari modifikasi oversize silinder ini adalah presisi dalam pengerjaannya. Perbedaan dalam skala 0,1 mili meter saja akan mempengaruhi hasilnya. Oleh karena itu, pengukuran yang cermat wajib dilakukan sebelum mulai melakukan eksekusi. Alat ukur yang biasa digunakan adalah mikrometer dan dial gauge.

alat ukur
alat ukur

Perhatikan juga batas maksimal ukuran piston oversize sesuai dengan blok silinder mesin. Jangan sampai melebihi kemampuan blok untuk menopang silinder. jika diameter silinder oversize bertambah terlalu besar, lebih baik mengganti pula bloknya.

blok silinder
blok silinder

ketika telah ditentukan diameter piston oversize yang hendak diadopsi, langkah berikutnya adalah melakukan korter pada dinding liner silinder. Proses ini dilakukan dengan menggunakan mesin korter dan dioperasikan oleh mekanik khusus yang mampu mengoperasikannya dan mengetahui prinsip teknik korter. Proses pengikisan dengan teknik korter ini dapat dilakukan berulang-ulang hingga tercapai diameter liner silinder yang diinginkan.

piston motor
piston motor

Pertimbangkan pula berapa milimeter clearance (celah) antara piston dan dinding silinder yang ingin dibuat sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, misal untuk pemakaian harian, drag race, atau road race. Ketika proses korter telah selesai dilakukan, finishing touch yang halus juga menentukan hasil akhirnya. Oleh karena itu lah, teknik pemolesan dengan menggunakan mesin poles harus dikerjakan dengan baik agar dinding liner yang telah dikorter memiliki permukaan yang halus seperti dinding korter standar pabrikan. Kehalusan dinding liner silinder ini penting bagi kelancaran pergerakan langkah piston.

#BAGIKAN