Tingkatkan Kualitas dan Nilai Diri Sebagai Mekanik Korter Yang Layak Dibayar Tinggi

#BAGIKAN

Para mekanik bengkel kerap mengeluhkan pendapatan mereka yang begitu kecil dibandingkan dengan beban kerja mereka padahal jika mereka mau untuk tingkatkan kualitas dan nilai diri sebagai mekanik korter yang layak dibayar tinggi tentu cerita akan keluhan mekanik yang dibayar kecil tidak akan ada lagi.

Kenapa harus mekanik korter? Karena modifikasi korter tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan mekanik bengkel biasa. Lalu bagaimana caranya? Ya belajar lah, asah keterampilan dan perdalam pengetahuan tentang modifikasi korter mesin motor.

Bayangkan saja, jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia sangat besar, tentu itu artinya pasar yag sangat besar.

Peserta kursus korter tengah melakukan korter booring silinder Yamaha Jupiter menggunakan mesin korter tipe T807A.
Peserta kursus korter tengah melakukan korter booring silinder Yamaha Jupiter menggunakan mesin korter tipe T807A.

Tapi, bengkel-bengkel kini bertebaran di mana-mana. Tenang, celah bisnis dan peluang selalu tersedia bagi mereka yang jeli melihatnya. Bengkel memang banyak, tapi bengel mana yang bisa mengerjakan modifikasi korter yang memuaskan? Belum tentu dari sekian banyak bengkel itu bisa mengerjakannya.

Modifikasi korter sangat tinggi permintaannya, terutama di negara ketiga seperti Indonesia di mana banyak mesin yang rusak tidak langsung dibuang atau didaur ulang seperti di negara maju, melainkan sebisa mungkin diotak-atik, dimodifikasi, dibangun ulang agar kembali berfungsi seperti semula atau justru lebih sempurna dari sebelumnya. Menarik bukan? Mana lagi kalau bukan di Indonesia?

Pada dasarnya, modifikasi korter adalah modifikasi yang dilakukan di sektor booring silinder, dimana ketika piston dan booring telah mengalami aus maka dilakukan upaya untuk memperbaikinya dengan cara penggantian booring sekaligus pengikisan (korter) pada dinding booring untuk menyesuaikan dengan diameter piston baru yang hendak diaplikasikan.

Selain demi perbaikan, modifikai korter mesin motor juga kerap dilakukan untuk meningkatkan performa kuda besi

Peserta Kursus Korter sedang mempraktekkan proses milling.
Peserta Kursus Korter sedang mempraktekkan proses milling.

di ajang pacuan alias balap motor.Dengan melakukan oversize diameter booring silinder, maka akan diperoleh kapasitas mesin yang lebih besar sehingga daya tampung bahan bakar pun bertambah. Penambahan kapasitas mesin motor pun akan berimbas pada naiknya power mesin sepeda motor. Itu lah mengapa para mekanik korter yang dapat meracik mesin motor balap yang tangguh sangat dicari-cari dan dibayar mahal.

Untuk itu, bagi siapa pun yang hendak terjun di dunia otomotif atau telah menjadi mekanik bengkel, jangan mengeluhkan pendapatan yang kecil namun optimis dan mari tingkatkan kualitas dan nilai diri sebagai mekanik korter yang layak dibayar tinggi.

Namun, untuk menjadi mekanik korter itu gampang-gampang susah. Jika sudah memahami prinsip-prinsip dalam modifikasi korter dan minimal paham bagaimana cara mengoperasikan mesin korter dan mesin poles maka jalan menuju dunia korter mesin sepeda motor sudah terbuka lebar. Namun, bagi mereka yang belum pernah sama sekali bersinggungan dengan dunia korter mesin, tentu akan sulit untuk memulainya bukan? Karena tidak semua orang atau bengkel memiliki mesin korter yang dapat dijadikan sarana latihan.

Peserta Kursus Korter sedang mempraktekkan proses poles booring silinder.
Peserta Kursus Korter sedang mempraktekkan proses poles booring silinder.

Ada alternatif yang dapat diambil bagi siapapun yang ingin tingkatkan kualitas dan nilai diri sebagai mekanik korter yang layak dibayar tinggi. Yakni, mengikuti program Kursus Korter yang diselenggarakan oleh Bengkel NBS Bantul, Yogyakarta. Program Kursus Korter ini menawarkan pilihan paket kursus tingkat basic, intermediate, dan paket komplit (termasuk korter balap dan ilmu bubut konvensional).

Dengan metode pelatihan yang mengedepankan praktek daripada teori di kelas, program Kursus Korter di Bengkel NBS Bantul, Yogyakarta ini akan memaksimalkan potensi para peserta sehingga mereka dapat tingkatkan kualitas dan nilai diri sebagai mekanik korter yang layak dibayar tinggi.

 

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *