Tips Aman Berkendara Dengan Sepeda Motor Saat Musim Hujan

#BAGIKAN
berkendara saat hujan
berkendara saat hujan

 

Di musim hujan yang tak tentu ini sebaiknya berkendaralah dengan aman, jangan karena ingin sampai rumah maka keselamatan jadi nomor dua. Pasalnya, hujan juga susah diprediksi. Pagi hari cerah, sore harinya mulai langit mulai mendung tebal dengan kilat yang menyambar, terkadang disertai angin juga.

Bagi pengendara sepeda motor, hujan bisa sangat membahayakan dan mengganggu perjalanan. Bagi pengendara sepeda motor saat hujan merupakan drama romantika tersendiri. Perlu konsentrasi yang cukup tinggi serta kewaspadaan yang tak boleh dilalaikan.

Nah, bagi anda yang akan berkendara jauh maupun dekat. Cobalah tips aman berkendara sepeda motor saat musim hujan di bawah ini :

  1. Pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima
    Berkendara dengan kondisi kurang sehat dapat menganggu konsentrasi karena mengurangi refleks dan kemampuan pengambilan keputusan. Dalam kondisi hujan tubuh akan menggigil dan tidak bisa berkendara dengan baik.
  2. Periksa ban dan lampu kendaraan
    Pastikan lampu-lampu disepeda motor dalam keadaan berfungsi dengan baik. Nyalakan lampu utama karena membantu mengetahui kalau ada pengendara lain. Ban juga perlu dicek, jangan gunakan ban yang sudah botak alias gundul karena membahayakan. Perhatikan pula tekanan udara dalam ban jangan terlalu kempis atau keras.
  3.  Kondisi rem bagus
    Jalan yang licin membutuhkan pengereman yang tepat agar tidak mudah tergelincir. Pun sama halnya dengan kondisi jalan yang berlubang, harus berhati-hati saat akan melakukan pengereman.
  4. Sedia jas hujan
    Walau terkadang malas dan ribet untuk memakainya. Namun jas hujan berfungsi melindungi tubuh dari dinginnya air hujan. Dan juga menghangatkan badan, agar tetap bisa melanjutkan berkendara.
  5. Jaga jarak aman
    Ini yang perlu dan wajib diperhatikan bagi semua pengendara motor. Jangan terlalu dekat dengan pengendara di depan, karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada dengan kondisi kering.
  6. Perhatikan kecepatan
    Berkendaralah dengan kecepatan yang stabil, sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. Karena terkadang ada genangan air atau jalan berlubang.
  7. Jangan terburu-buru
    Para pengendendara terkadang tergesa-gesa saat sudah melihat mendung yang tebal, kenudian memacu kendaraannya dengan cepat. Karena terburu-buru menyebabkan kecelakan lalu lintas karena konsenstrasi terganggu.

Demikian, tips aman berkendara dengan sepeda motor saat musim hujan. Semoga bisa membantu, dan jangan lupa berdo’a ketika akan bepergian.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *