Tips Buat Lulusan SMK atau SMA yang Masih Bingung, Mau Ke Mana Setelah Lulus?

#BAGIKAN

kursuskorter.com Euforia setelah lulus SMA masih sering terasa. Namun, hal itu tidak akan lama-lama, karena setelah itu kamu akan merasa bingung dan timbul pertanyaan, “mau ke mana nih setelah lulus?”Bahkan mereka pun yang sudah tahu tujuan setelah lulus seperti kuliah pun masih bingung mau kuliah di mana dan mengambil jurusan apa. Apalagi buat kamu yang sama sekali belum tujuan setelah lulus, pasti bingung banget kan ya?

Nah, dari pada bingung-bingung, ini beberapa tips yang bisa jadi tujuan kamu setelah lulus SMA atau SMK.

  1. Kuliah

Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, pasti sudah merencanakan ingin kuliah di mana dan mengambil jurusan apa. Namun, bagi kamu yang masih bingung mau kuliah di jurusan apa, sebaiknya pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Selain jurusan, sebaiknya kamu juga pertimbangkan perguruan tinggi yang akan dimasuki, akreditasinya, lingkungan kampusnya dan biaya kuliahnya. Namun, kamu tidak usah khawatir dengan biaya kuliah karena saat ini sudah banyak beasiswa yang siap membantu biaya kuliahmu.

  1. Kursus

Tujuan kursus adalah meningkatkan keterampilan atau skill yang kamu punya dan setelah kursus kamu bisa membuka usaha atau bisnis dengan bekal ilmu yang telah kamu peroleh saat kursus. Jenis kursus yang bisa kamu ikuti sangat banyak.

 Apabila kamu suka komputer, kamu bisa kursus design grafis. Kalau kamu tertarik di dunia permotoran, kamu bisa ikut kursus korter. Begitu kamu lulus kursus korter, kamu bisa bekerja di bengkel motor yang bergengsi di kotamu atau jadi seorang pengusaha bengkel motor korter yang bisa menangani modifikasi balap dan sebagainya.

Umumnya, biaya kursus lebih murah dibandingkan biaya kuliah. Jadi, kamu mau kursus atau kuliah dulu nih?

  1. Buka Usaha Sendiri

Mungkin masih sangat jarang di negara kita, lulus sekolah SMA atau SMK langsung buka usaha sendiri karena biasanya orantua menginginkan anaknya untuk menjadi seorang pekerja di perusahaan-perusahaan besar. Hal ini dikarenakan kita belum punya cukup modal. Bukan hanya modal uang tapi juga modal pengetahuan.

Kalau kamu mau buka usaha sendiri tentunya kamu harus tahu usaha apa yang akan kamu jalani. Nah sebaiknya, kamu buka usaha yang sesuai dengan minat atau hobi kamu.

Kalau kamu minat di dunia permotoran, kamu bisa buka bengkel motor. Kalau kamu minat di dunia perbalapan, kamu bisa buka bengkel motor modifikasi balap. Untuk modal uang, kamu bisa berkonsultasi dengan orangtua kamu.

  1. Bekerja

Hal ini menjadi pilihan setelah melihat kondisi ekonomi keluarga yang kurang mendukung untuk melanjutkan kuliah, atau mungkin karena keinginan kamu sendiri yang ingin segera mandiri secara ekonomi. Untuk pilihan yang satu ini, kamu juga harus mempertimbangkan pekerjaan yang ingin kamu pilih. Pilihlah pekerjaan di bidang yang kamu sukai.

Misalnya kamu lulusan SMK otomotif, kamu bisa bekerja di bengkel-bengkel yang ada di dekat rumahmu. Hal ini tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa bekerja di bengkel-bengkel besar di kotamu asal kemampuan atau skill yang kamu punya sudah cukup. Kalau kamu masih merasa keterampilan atau skill kamu belum cukup, kamu bisa ikut kursus terlebih dahulu.

 

Oke, itulah beberapa pilihan buat kamu yang baru saja lulus SMA atau SMK yang masih bingung mau ke mana. Apapun nantinya pilihan yang akan kamu pilih, yang paling penting adalah bagaimana agar kamu bisa berkarya dan produktif. Banyak orang sukses di luar sana bahkan tidak mengenyam pendidikan yang tinggi. Jadi, kamu nggak perlu berkecil hati kalau kamu tidak bisa kuliah seperti teman-teman kamu lainnya. Kamu bisa ikut kursus, berwirausaha atau bekerja dengan skill yang kamu punya.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat buat kamu 🙂

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *