Tips dan Trik Membuat Lampu Motor Anda Semakin Terang Hanya Menggunakan Sebuah Relay

#BAGIKAN

 

Tips dan trik membuat lampu motor Anda semakin terang hanya menggunakan sebuah relay – Para pengendara yang hobi bahkan suka mengotak-aktik sepeda motor memang bisa di katakan mereka adalah pencinta dunia otomotif, lampu sepeda motor salah satunya. Sebenarnya lampu sepeda motor yang kita gunakan sudah dalam keadaan settingan oleh para produsen bahkan sudah teruji kendaraan supaya lampu selalu dalam keadaan memenuhi standar.

Namun, para pencinta dunia otomotif ini memang ingin selalu membuat motor kesayangannya menjadi sesuatu yang lebih, contohnya mereka ingin membuat lampu sepeda motor mereka semakin terang. Sehingga berbagai carapun mereka lakukan supaya sepeda motor mereka semakin terang dari yang standar. Mereka pun memahami dengan mencermati tips dan trik membuat lampu motor Anda semakin terang hanya menggunakan sebuah relay pada lampu motor tersebut. Simak selengkapnya di bawah ini :

lampu standar
lampu sepeda motor standar

 

  1. Pada intinya cari ini hanya untuk berusaha mengurangi hambatan pada rangkaian lampu kepala.
  2. Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai tips danb trik membuat lamu semakin terang dengan menggunakan sebuah relay, sebaiknya kita bahas terlebih dulu cara kerja benda yang satu ini yaitu relay.
  3. Sebuah relay biasanya terdapat 4 buah terminal yaitu 85 , 86 , 30 dan 87 dan di dalam relay terdapat buah dua bagian yaitu elektro magnet dan contact point, selanjutnya terdapat terminal 85 dan 86 yang terhubung dengan elektro magnet sedangkan terminal 30 dan 87 juga terhubung dengan contact point. Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar relay berikut ini.
relay 4 kaki
Relay 4 kaki

 

Cara kerja dari relay jika arus mengalir ke 85 dan 86 terhubung dengan ground (-). Maka akan timbul kemagnetan pada elekro magnet. Kemagnetan tersebut akan menarik contact point (terminal 87)  yang menyebabkan terminal 30 dan 87 terhubung. Jadi pada dasarnya relay adalah saklar elektromagnetik

Setelah kami jelaskan cara kerja dari sebuah relay, maka selanjutnya kita mulai bagaimana melakukan tips dan trik membuat lampu motor Anda semakin terang hanya menggunakan sebuah relay.

Pertama, mulai siapkan terlebih dahulu 2 buah relay (normaly open)

Kedua, hubungkan terminal 30 ke positif baterai (bisa diambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala)

Ketiga, hubungkan terminal 87 ke terminal lampu utama (jarak dekat)

Keempat, hubungkan terminal 85 ke kabel saklar jarak dekat (kabel jarak dekat yang menuju lampu dipotong)

Kelima, hubungkan terminal 86 ke negative.

Keenam, lakukan langkah diatas pada relay yang kedua untuk lampu jarak jauh.

Tips dan Trik Membuat Lampu Motor Anda Semakin Terang Hanya Menggunakan Sebuah Relay
Tips dan Trik Membuat Lampu Motor Anda Semakin Terang Hanya Menggunakan Sebuah Relay

Seperti itulah tips dan trik membuat lampu motor Anda semakin terang hanya menggunakan sebuah relay. Yang pada intinya arus utama yang masuk melalui lampu tidak lagi melewati saklar melainkan di jumper yaitu dari baterai langsung menuju lampu dan saklar lampu yang di gunakan untuk mengaktifkan elektro magnet pada relay saja. Sehingga membuat hambatan semakin kecil dan lampu semakin terang. Gimana menurut kalian, simple kan? Selamat mencoba

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *