Tips Memilih Bengkel Motor Yang Bagus dan Layak Dijadikan Bengkel Langganan

#BAGIKAN

Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk memperbaiki atau mengutak-atik motor anda sendiri ada baiknya anda mengetahui tips memilih bengkel motor yang bagus dan layak dijadikan bengkel langganan. Informasi ini perlu anda ketahui karena motor anda perlu ditangani oleh mekanik yang tepat dan pelayanan yang optimal.

Untuk motor yang masih baru, memang lebih baik memanfaatkan fasilitas service gratis di bengkel resmi pabrikan.

Memiliki bengkel langganan yang bagus tentunya akan memudahkan perawatan motor anda.
Memiliki bengkel langganan yang bagus tentunya akan memudahkan perawatan motor anda.

Namun, bagi motor-motor keluaran lama rasanya tentu akan lebih ekonomis jika melakukan service atau perbaikan di bengkel non resmi. Tetapi, tentu anda harus mengetahui seberapa bagus kualitas bengkel tersebut karena mereka tidak hanya menangani satu jenis/ merk motor saja tetapi beraneka jenis motor sehingga para mekaniknya tentu saja dituntut memahami karakteristik mesin motor dari beragam pabrikan.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih bengkel motor yang bagus dan layak dijadikan bengkel langganan:

  1. Bengkel yang ramai dan hampir selalu penuh oleh antrean motor setiap harinya cenderung memiliki kualitas mekanik dan pelayanan yang bagus. Jika tidak, tentu bengkel itu tidak akan ramai bukan?
  2. Pastikan bahwa bengkel tersebut menawarkan harga service dan suku cadang yang sesuai harga umum (tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal). Anda dapat mencoba bertanya-tanya tentang harga beberapa spare part lalu anda bandingkan dengan harga di tempat lain.
  3. Dapatkan testimoni langsung dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa bengkel tersebut. Dengan testimoni langsung dari para konsumen bengkel tentu anda dapat memastikan seberapa bagus bengkel tersebut.
  4. Bengkel yang bagus tidak akan memaksa konsumennya untuk melakukan pergantian spare part yang belum perlu diganti. Ini kasus yang sering terjadi, yakni beberapa bengkel kerap menyarankan dengan sedikit memaksa bahwa konsumen harus mengganti spare part motornya dengan alasan bahwa jika tidak diganti maka kerusakan akan semakin parah. Walaupun kadang memang benar seperti itu adanya, tetapi seharusnya bengkel yang bagus memberikan opsi kepada pelanggannya apakah ingin sekadar diperbaiki sementara atau diganti dengan part baru.
  5. Pastikan apakah bengkel tersebut mempekerjakan mekanik-mekanik yang kompeten atau tidak. Anda bisa iseng bertanya-tanya kepada mekanik yang menangani motor anda tentang cara-cara merawat motor atau tentang seluk beluk mesin motor. Mekanik yang kompeten tentu sudah paham betul seluruh seluk beluk sepeda motor apa pun tipenya.
  6. Jika memungkinkan, pilih lah bengkel yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal anda. Ini dimaksudkan agar sewaktu-waktu ketika anda terpaksa harus meninggalkan motor anda di bengkel karena suatu hal maka anda dapat mudah mengecek apakah motor anda segera digarap oleh mekaniknya atau tidak, dan biasanya mekanik akan lebih mengutamakan garapan motor jika pemilik motor tinggal tidak jauh dari bengkel.
  7. Perhatikan apakah mekanik yang menangani motor anda terkesan ikhlas bekerja di bengkel tersebut atau malas-malasan. Hal itu bisa berkaitan dengan upah yang ia terima dari bengkel, lingkungan kerja bengkel itu, atau tekanan yang ada di bengkel. Tentu anda lebih suka jika motor anda digarap dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh oleh mekanik yang memiliki motivasi tinggi karena menyukai pekerjaannya bukan?
  8. Cermati cara kerja bengkel terebut. Apakah para mekanik dan karyawan bengkel bekerja dengan rapi, bersih dan cekatan? Walau pun bengkel identik dengan debu dan kotor, tetapi bengkel yang bagus biasanya memiliki SOP (standard operating procedure) yang baik di mana pekerjaan harus dilakukan dengan rapi dan bersih. Peralatan bengkel tidak berserakan di mana-mana, oli pelumas tidak berceceran di lantai, dan bodi motor beserta sekrup yang dilepas diletakkan di tempat terpisah yang aman.

Demikianlah beberapa penjelasan sederhana tentang tips memilih bengkel motor yang bagus dan layak dijadikan bengkel langganan yang semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih telah mampir.

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *