Tips Mengetahui Ukuran dan Kode Kadaluarsa pada Karet Ban Motor 

#BAGIKAN

Tips mengetahui ukuran dan kode kadaluarsa pada karet ban motor  –  Jika kita ketahui ternyata ban itu mempunyai kode ukuran, kode tahun pembuatan (kadaluarsa), bahkan saat ini banyak sekali merk keluar masuk dari dalam negeri ke luar negeri memang sudah sangat berkembang. Kalau kalian lihat ban baru, semua sangat menarik.

Koleksi ban sepeda motor
Koleksi ban sepeda motor

 

Untuk menatisipasi kecerobohan saat memilih ban yang terbaik untuk kita, mulailah dari sekarang untuk selalu teliti sebelum membeli karena speksifikasi ban pada motor dapat memberikan bahkan menentukan aman dan keawetannya.

cara cek kondisi & umur pada ban motor
cara cek kondisi & umur pada ban motor

 

Jika kita berbicara logat jawa “ Sego gowo rupa “ atau istilah lainnya adalah berbicara merk yang berkualitas. Bahkan ada ban bermerk, harga miring tapi kurang berkualitas. Kalau kita berbicara soal kualitas mulailah dari mentelusuri soal umur pakai, di lihat dari kondisi jalan, pemakaian motor juga berpengaruh, termasuk suhu di aspal.

Ban motor unggul anti licin

 

Tetapi, pada umumnya ban produksi yang merknya asal, sekitar 1,5 – 2 tahun. Sedangkan kulitas terjamin umur selalu di atas  2 tahun. Dengan adanya angka ini sebagai toleransi dalam setiap memilih ban yang akan kita beli.

Bersikap teliti saat sebelum membeli ban baru yaitu :

  1. Dengan melihat tahun pembuatan ban, alangkah baiknya jangan lebih dari setahun tersimpan di toko ban.
  2. Bahkan di toko tersebut tidak di lengkapi penyeimbang suhu. Missal, ban terjemur atau terkena panas di atas suhu 35 derajat setiap hari, maka komponennya akan getas. Efek yang terjadi saat akan di gunakan yaitu mudah benjol-benjol di permukaanya. Tentu saja ban menjadi mudah gundul.
  3. Cara pengecekan yaitu misal ban dengan kode 1012, angka 10 merupakan bulan dan 12 adalah kode tahun pembuatan. Berarti itu ban diproduksi Agustus 2012, jika kamu gunakan di tahun 2015 tentu sudah kelamaan.
  4. Jangan salah dalam memilih ban, sesuaikan dengan ukuran standar pada pabrikan. Saat dulu kebanyakan profilnya pendek. Misal, 70/90 untuk bebek. Di artikan bahwa angka 70 adalah tinggi ban dan 90 adalah lebar pada tapaknya. Jadinya tinggi ban 70 mm (7 cm) dan lebarnya 90 mm (cm). “ yang perlu anda ketahui kenyamanan saat ini banyak di jual yaitu angka 80/90 dan belakang 90/90.

Oleh karna itu jika kita memahami baik-baik, semakin tinggi profil pada ban akan membantu kinerja suspensi, menjadi lebih nyaman. Asal saja, tekanannya pas. Depan 24 – 28 psi dan belakang 28 – 32 psi sesuai bobot pengendara sehari-hari. Semoga bermanfaat, Guys.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *