Tips Menghilangkan Suara Rem Mendencit saat Musim Hujan

#BAGIKAN

Tips menghilangkan suara rem mendencit saat musim hujan tiba – Seperti kita ketahui setiap beda  musim, beda pula penyakit yang menyerang pada sepeda motor kalian.  Apalagi sepeda motor yang sudah terbilang tua dan masih menggunakan peranti lawas. Kalau seperti ini, paling sering rem terguyur oleh air hujan sehingga sering kali mengeluarkan suara mendencit seperti suara tikus kejepit pintu.

Hal seperti ini memang sudah biasa terjadi, bahkan sering kali suara tersebut timbul disebabkan karena adanya kotoran yang menempel di bagian kampas rem, terutama yang masih memakai rem tromol.

Bisa di katakan sangat wajar, apalagi dikala musim hujan, air hujan yang masuk kedalam ruangan tromol telah mengikat kotoran atau debu yang imbasnya kotoran akan nempel pada kampas, hal ini akan membuat antara kampas rem sama rumah rem (tromol) persinggungan dan ini lah menjadi kurang sempurna, sehingga menimbulkan suara decitan pada saat pengreman.

 

Jika Anda menemukan hal seperti ini, berarti  sudah waktunya untuk bongkar pasang motor. Ini dia tiga kemungkinan yang sering terjadi jika rem trombol sering berdencit, pertama bisa jadi kampas rem pada sepeda motor Anda sudah terlalu tipis sehingga perlu di ganti, kedua kampas rem pada motor Anda sudah terkena air menyebabkan licin dan mudah terserang kotoran, ketiga yaitu kombinasi jdi bukan hanya tipis tapi juga sekalian sudah terkena air.

 

Yang perlu Anda perhatikan hanya kampas rem nya saja, jika memang di temukan kampas rem masih bagus, berarti Anda hanya membersihkannya saja.  Lakukan untuk pencopotan kampas kopling dan bersihkan dengan air sabun detergen. Setelah itu amplas permukaannya dengan kertas dan gosok supaya kembali kesat dan cekat sehingga memperbesar gaya gesekan untuk mengoptimalkan pengereman.

Perhatikan juga jangan sampai kampas rem Anda, sedikit saja terlumuri oleh oli karena bukan lagi berubah kesat, tetapi rem justru semakin licin dan pastinya menyebabkan bahaya karena proses pengeraman sangat  tidak efektif.

Semoga artikel Tips menghilangkan suara rem mendencit saat musim hujan tiba ini bermanfaat dan selalu safety saat berkendara di musim hujan.

 

 

 

 

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *