Tips Mengurangi Beban Pada Tangan Ketika Mengendarai Motor Agar Perjalanan Nyaman dan Lancar

#BAGIKAN

Berikut ini adalah tips mengurangi beban pada tangan ketika mengendarai motor agar perjalanan nyaman dan lancar. Melakukan touring dengan berkendara motor tentunya menyenangkan, terlebih jika hal itu dilakukan dalam rangka untuk berjumpa dengan orang-orang terkasih di kampung halaman seperti pada musim mudik lebaran nanti. Namun, perjalanan yang panjang dan melelahkan akan membuat tangan cepat merasa pegal dan jika dibiarkan akan membahayakan keselamatan.

Beberapa tips mengurangi beban pada tangan ketika mengendarai motor agar perjalanan nyaman dan lancar yakni di antaranya:

  1. Pastikan tekanan angin ban tidak mengalami kekurangan. Tekanan angin pada ban yang berkurang akan membuat handling motor menjadi lebih berat dan manuver lebih sulit dilakukan. Tidak hanya itu, bahan bakar pun menjadi lebih cepat habis. Jika tekanan angin ban cukup, handling menjadi lebih ringan dan beban pada tangan pun menjadi berkurang.
  2. Posisikan tubuh senyaman mungkin dengan riding position yang tidak terlalu membungkuk seperti motor
    Ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor sebaiknya riding position nyaman agar tangan tidak terlalu terbebani.
    Ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor sebaiknya riding position nyaman agar tangan tidak terlalu terbebani.

    sport, namun lebih tegak sehingga tangan tidak menahan beban berat badan. Posisi seperti ini biasanya memang menjadi posisi yang ideal bagi para biker yang terbiasa melakukan touring jarak jauh.

  3. Untuk menunjang riding position yang nyaman, anda dapat mengganti stang kemudi dengan stang yang lebih tinggi dan lebar untuk mendukung kenyamanan berkendara jarak jauh. Namun, pilihan stang kemudi jenis ini juga memiliki konsekuensi yakni kelincahan manuver di celah sempit menjadi berkurang.
  4. Lakukan penyetelan pada tuas rem dan tuas kopling dengan stelan yang enteng agar tidak membuat otot tangan harus bekerja ekstra ketika harus melakukan pengereman dan penggantian gigi transmisi. Walaupun terlihat sederhana, tetapi akumulasi dari aktivitas mengerem dan menekan tuas kopling akan sangat mempengaruhi kelelahan pada otot tangan.
  5. jangan membawa beban pada tas belakang (backpack) yang terlalu berat sehingga akan menghambat sirkulasi darah dari pangkal lengan menuju otot lengan dan jari. Apabila terpaksa harus membawa bawaan yang lumayan berat dapat gunakan box belakang yang dapat dipasang di buritan motor.

Demikian lah tips mengurangi beban pada tangan ketika mengendarai motor agar perjalanan nyaman dan lancar sehingga selama sampai tujuan. Semoga berguna bagi kita semua.

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *