Tips Mudah Memperbaiki Starter Motor Anda Yang Rusak atau Mati

#BAGIKAN

Tips mudah memperbaiki starter motor Anda yang rusak atau mati – Yang menjadi salah satu komponen pada sepeda motor Anda bahkan mempunyai peran cukup vital yaitu starter motor . Kick starter memang suatu pelangkap yang ada pada sepeda motor, bahkan apabila starter sepeda motor Anda mati mungkin tidak menjadi suatu masalah berarti. Karena masih ada cara lain yaitu dengan cara “ di slah “ atau dengan cara kick starter. Tetapi, ternyata saat ini ada beberapa merk speda motor yang tidak di lengkapi dengan kick starter. Lalu bagaimana jika starter motor Anda mengalami mati? Otomatis, jalan satu-satunya adalah dengan cara di dorong. Hal ini merupakan cara yang sangat merepotkan bagi Anda.

Tips mudah memperbaiki starter pada sepeda motor

Untuk dapat memperbaiki starter motor Anda, tentunya Anda mengetahui suatu gejala awal dari penyebab kerusakan pada starter motor Anda mengalami mati. Cobalah Anda periksa gejala awal mengapa sterter motor Anda mengalami mati seperti suaranya yang kasar, bahkan tidak mengeluarkan bunyi sama sekali saat tombol starter mulai di tekan. Hal tersebut besar kemungkinan di sebabkan karena aki pada sepeda motor Anda yang lemah. Bisa, Anda ketahui kerusakan pada starter motor Anda ini bisa di sebabkan karena  4 komponen yaitu motor starter itu sendiri, aki atau baterai, rangkaian dan relay starter. Untuk mengetahui lebih lanjutnya, simaklah ulasan berikut ini :

4 komponen yang perlu Anda ketahui untuk memperbaiki starter motor 

Motor Starter ( Dinamo )

Bisa kita cermati, kerusakan pada motor starter memang jarang sekali. Cobalah Anda mulai periksa menggunakan multimeter lalu dengan cara prode (+) di hubungkan dengan kabel dengan menuju motor starter setelah itu prode (-) juga di hubungkan dengan massa. Dengan cara ini coba Anda bias mulai tekan  pada tombol starter dan mulailah periksa apakah ada sebuah arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, hal tersebut bias di pastikan motor starter mengalami mati. Kerusakan pada motor starter Anda ini terdapat 2 kemungkinan yaitu sikat (brush) apakah sudah aus atau terdapat kumparan yang putus. Dan jika hanya brushnya yangmengalami putus, Anda bias menggantinya dengan yang baru, tetapi jika ternyata kumparan (spull) putus, alangkah baiknya di bawa ke tukang service dinamo.

Aki atau Baterai

Baterai adalah satu komponen yang mempunyai peran penting pada sebuah sepeda motor, karena dengan komponen ini menyebabkan sumber arus ke listrikan motor untuk  sistem starter. Jika pada saat tombol starter mulai di tekan, tetapi motor starter ini diam atau tidak mau berputar sama sekali maka yang pertama kali di cek adalah baterai. Anda bias gunakan multimeter atau avo meter untuk pekasa tegangan pada baterai. Jiak Anda ketahui tegangan baterai yang baik adalah tidak kuarang dari 12 volt. Jika tegangan pada baterai kurang maka ada dua kemungkinan yaitu sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai yang sudah rusak.

Rangkaian Starter

Jika di periksa ternyata tegangan baterai masih bagus maka Anda bisa memperiksa langkah selanjutnya yaitu periksalah pada bagian rangkaian starter, bisa di mulai pada kabel yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang sudah kotor. Caranya bisa dengan menggunakan multimeter, coba periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ternyata ada kabel yang putus maka sebaiknya Anda ganti dengan yang baru atau jika Anda bisa menyambungnya maka Anda hanya membersihkan pada bagian tombol starter dengan amplas halus.

Relay Starter atau Bendik

Jika Anda ketahui komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik yang dapat memutus dan menyambungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. Cara memperiksanya yaitu dengan menyambungkan dua kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ dan -), jika terdapat bunyi “cetak” berarti masih bagus. Jika tidak maka besar kemungkinan bendik sudah mati dan tips memperbaikinya adalah dengan cara Anda membelinya dengan yang baru.

Demikian, Tips mudah memperbaiki starter motor Anda yang rusak atau mati dan Anda bisa mencobanya di rumah. Supaya starter motor Anda awet alangkah baiknya Anda lakukan perwatan starter motor secara rutin.

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *