Mengapa Kamu Harus Kursus Mekanik Bengkel Sepeda Motor

#BAGIKAN

Anda lulusan sekolah otomotif atau tapi ingin memperdalam kursus mekanik bengkel sepeda motor? Belajar menjadi mekanik tidak harus lulusan sekolah, anda bisa menjadi seorang mekanik simpelnya jika anda paham bagaimana cara memperbaiki sepeda motor. Akan jauh lebih baik lagi jika anda mempunyai sertifikat yang mendukung dari tempat kursus.

Terkadang banyak orang yang menganggap remeh pekerjaan sebagai mekanik bengkel. Padahal tanpa adanya mereka, banyak orang yang akan kualahan untuk memperbaiki kendaraannya yang rusak atau bermasalah. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan orang awam tentang mesin otomotif dan komponen-komponennya.

Semakin banyaknya orang yang menggunakan motor sebagai kendaraan pribadi atau ojek online. Membuat pekerjaan sebagai teknisi otomotif sepeda motor menjadi hal yang menjanjikan. Selain sebagai sebuah pekerjaan, mempelajari otomotif kendaraan roda dua ini dilakukan karena hobi. Bagi orang-orang yang mempunyai hobi bermotor tentu saja hal akan lebih baik jika diimbangi dengan kursus mekanik bengkel sepeda motor.

Pentingnya Kursus Mekanik Bengkel Sepeda Motor.

Berikut ini  jenjang karir dan peluang  bisnis setelah kita mengikuti kursus mekanik sepeda motor.

 

 

  • Membuka Toko

 

Jika anda mengerti tentang dunia mesin. Membuka toko otomotif atau modifikasi merupakan salah satu pilihan karir yang dapat dilakukan. Prospek kedepannya juga cukup bagus mengingat permintaan kendaraan roda dua semakin tinggi tiap harinya. Tidak perlu membuka toko yang besar, karena kesuksesan pasti membutuhkan waktu dan proses, asalkan diniati modal keahlian sebagai teknisi sangatlah menjanjikan.

 

  • Membuka Bengkel

 

Menjadi seorang mekanik merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Dengan keahlian dan ketrampilan yang dimiliki seorang mekanik atau teknisi dapa membuka lapangan usahanya sendiri. Tidak perlu modal yang besar. Asalkan keahlian ada tidak perlu lagi dipertanyakan maka dengan mudah kustomer akan datang dengan sendirinya.

 

  • Bidang Pekerjaan yang Menjanjikan

 

Selain membuka bengkel, tentu saja masih banyak lagi bidang pekerjaan yang dapat dimasuki oleh mekanik. Salah satunya menjadi teknisi yang bekerja di dunia motor balap. Untuk menjadi teknisi di bidang ini seorang mekanik harus benar-benar ahli dalam bidang yang digelutinya.  Hal ini dikarenakan tugas yang diemban bisanya lebih kompleks dan beresiko.

 

 

  • Gaji yang Menggiurkan

 

Membuka bengkel sudah pasti mendapatkan profit yang lumayan. Terlebih lagi jumlah pengguna kendaraan roda dua akhir-akhir ini cukup banyak. Selain itu, kebanyakan dari mereka sendiri kurang memahami komponen-komponen mesin sepeda motor. Alasan inilah yang membuat kustomer lebih senang pergi ke bengkel.

Kebanyakan teknisi yang bekerja di bengkel-bengkel ternama akan mendapatkan gaji yang cukup lumayan besar. Diiringi dengan jam kerja yang cukup menguntungkan dan tempat kerja yang nyaman. Tentunya ini bisa dijadikan perhitungan sebagai bidang pekerjaan.

Jika anda seorang biker pasti tahu jika seorang mekanik merupakan salah satu sosok penting terwujudnya kelancaran pembalap dalam menyelesaikan tugasnya. Tapi pernahkan anda mencari tahu berapa gaji yang dibayarkan untuk seorang teknisi di motoGP, misalnya? Rate gaji di tahun 2018 kira-kira bisa sampai $39,780 atau sekitar 500juta rupiah. Menggiyurkan bukan?

 

  • Mengembangkan Intelektual

 

Menjadi seorang teknisi bukan pekerjaan yang sepele. Pekerjaan mereka menuntut untuk berfikir dan menggunakan otak untuk menganalisa dan memacahkan masalah yang ditemui. Seperti hal nya seorang dokter. Mereka harus menemukan sumber ‘penyakit’nya dulu pada mesin baru bisa menanganinya.

Selain itu, teknisi terkadang dituntut untuk menyelesaikan tugasnya dalam waktu yang singkat. Inilah mengapa seorang teknisi bisa mengembangakan intelektual mereka. Disamping memiliki keahlian yang jarang dimiliki orang lain, kerja pintar juga menjadi bagian professi seorang mekanik.

Terkadang banyak orang yang ingin mempelajari tentang otomotif diusia yang cukup tua sehingga tidak sempat untuk masuk ke sekolah otomotif. Tidak perlu khawatir, sekarang ini sudah ada banyak tempat yang membuka tempat kursus otomotif.  Sehingga memudahkan anda untuk ikut kursus mekanik bengkel sepeda motor. Lalu  kira kira apa saja yang harus dilakukan?

 

  • Pilih Tempat Kursus

 

Banyak nya jasa yang menawarkan kursus otomotif terkadang membuat bingung orang-orang yang ingin mendaftar. Tempat kursus seperti apa yang paling bagus dan pastinya dengan harga yang terjangkau. Fasilitas penunjang saat program belajar juga merupakan sesuatu yang harus diperhatikan saat memilih tempat kursus. Oleh karena itu, ketelitian harus tetap anda utamakan.

 

  • Kurikulum

 

Carilah tempat kursus yang memiliki kurikulum atau perangkat mata pelajaran yang akan diajarkan selama proses belajar. sehingga anda tahu materi apa saja yang bisa anda ambil sebelum mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, dengan mengetahui kurikulum yang ada anda dapat memilih dibagian apa anda ingin berkecimpung.

Misalnya anda ingin menjadi mekanik bengkel kendaraan roda dua. Maka peserta didik hanya akan fokus mempelajari sepeda motor dan komponen-komponennya. Itulah mengapa, kurikulum sangatlah penting untuk di ketahui. Ada beberapa tempat kursus yang memang menampilkan kurikulum yang akan diajarkan dengan harga paket yang bisa anda pilih.

 

  • Tentor Professional

 

Tempat kursus dengan pendidik atau tentor professional bisa anda pertimbangkan saat memilih tempat kursus. Dengan berinteraksi dan sharing langsung dengan orang yang professional dalam bidangnya akan sangat menambah wawasan anda. Seseorang yang ahlli biasanya akan melakukan kesalahan yang sangat minim. Sehingga, apa yang akan anda lakukan pasti mendapatkan arahan yang benar.

Ahli mekanik biasanya akan memberikan waktu untuk berkonsultasi. Tentang hal apa saja yang tidak anda mengerti selama proses pelajaran. Tidak ada salahnya untuk bertanya dan meminta pendapat. Tidak hanya salah satu cara untuk meningkatkan skill anda tapi juga dapat meminimalisir kesalahan yang dibuat.

 

  • Fasilitas

 

Fasilitas kursus yang memadai juga perlu dipastikan. Seperti ruang teori dan ruang praktik yang lengkap dan nyaman. Tidak lucu bukan jka anda hanya kursus teori tanpa praktik karena tempat kursus tidak memiliki ruangan sendiri untuk praktik.

Bukan hanya itu, kelengkapan peralatan untuk praktik juga harus anda ketahui dulu sebelum mendaftar. Akan sangat mengecewakan jika disana hanya akan diajari cara mengganti busi,kan? Padahal seorang mekanik tak hanya bertugas mengganti busi saja. Akan lebih baik untuk mengecek semua fasilitas yang ada sebelum mendaftar.

 

  • Sistem Belajar

 

Mengenali sistem belajar seperti apa yang diterapkan di tempat kursus adalah hal yang penting. Akan lebih baik jika ada kelas private  yang biasanya diisi oleh 1-4 orang dengan beberapa pembimbing yang ahli. Belajar otomotif adalah hal yang kompleks. Dengan sistem belajar private, peserta didik biasanya akan lebih nyaman dan tidak sungkan untuk bertanya ketika tidak memahami beberapa hal dalam proses pembelajaran.

 

  • Sertifikat

 

Memang benar bahwa manjadi seorang mekanik handal itu harus memiliki sertifikat atau ijazah. Karena pengetahuan dan keahlian tidak bisa diukur dengan hal semacam itu. Akan tetapi, ketika anda mendaftar ke sebuah tempat kursus lebih baik tanyakan saja apakah mereka menyediakan sertifikat.

Sertifikat sendiri lebih sering dibutuhkan ketika mendaftar ke sebuah perusaan di bidang otomotif atau bengkel otomotif. Memiliki sertifikat kursus mekanik bengkel sepeda motor misalnya, sertifikat semacam ini pasti akan sangat dibutuhkan. Selain itu, sertifikat juga bisa dijadikan barang bukti bahwa anda telah atau pernah menempuh pendidikan di tempat kursus tersebut.

#BAGIKAN

Leave a Reply

nineteen + two =

Close Menu
error: Content is protected !!