Berapa Perkiraan Kebutuhan Modal Usaha Bengkel Motor Baru Di Tahun 2018

Berapa Perkiraan Kebutuhan Modal Usaha Bengkel Motor Baru Di Tahun 2018

#BAGIKAN

Di Indonesia pengguna sepeda motor semakin hari semakin banyak, sehingga peluang usaha bengkel motor semakin besar. Hal ini dikarenakan setiap pengendara sepeda motor tentunya membutuhkan tempat perawatan dan tempat perbaikan motor mereka. Jika anda tertarik memulai usaha bengkel motor sebagai salah satu sumber rezeki yang baru untuk anda, maka anda harus mengetahui modal usaha bengkel motor terlebih dahulu. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang perkiraan kebutuhan modal usaha untuk bengkel baru di tahun 2018.

Modal Usaha Bengkel Motor

Jenis Bengkel Motor

Sebelum kita membahas tentang berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka bengkel motor baru. Alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bengkel yang akan anda jadikan usaha.

 

1. Bengkel Sepeda Motor Resmi

Anda bisa membuka bengkel sepeda motor resmi dengan menghubungi kantor servicecenter merek yang diinginkan untuk bekerjasama.

Anda kemudian akan diminta syarat-syarat tertentu oleh perusahaan pemberi licence untuk membuka bengkel sepeda motor resmi mereka. Bagi anda yang memiliki modal yang cukup anda bisa mencoba membuka bengkel sepeda motor resmi.

 

2. Bengkel Sepeda Motor Umum

Bagi anda yang masih baru di dunia perbengkelan, alangkah baiknya jika anda mencoba membuka usaha bengkel motor umum. Bengkel motor umum biasanya menyediakan pelayanan untuk jenis-jenis kerusakan dan perawatan umum.

Misalnya cek busi, membersihkan karburator, membersihkan filter udara, serta mengganti spare part motor yang telah rusak. Bengkel motor umum juga biasanya mengatasi ban bocor, perbaikan motor dan masalah motor yang ringan atau tidak terlalu berat.

 

3. Bengkel TuneUp

Bagi anda yang suka balapan mobil mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis bengkel satu ini. yaitu melakukan modifikasi motor standart menjadi berkecepatan diatas standar.

Biasanya kenaikan kecepatan tersebut tergantung pada permintaan pelanggan yang ingin menambah kecepatan motornya. Jenis bengkel ini tidak membutuhkan tempat yang strategis karena jika anda sudah berpengalaman dibidangnya maka pelanggan yang akan mendatangi anda.

 

Modal Usaha Bengkel Motor

• Biaya atau Modal Awal 40.000.000 untuk sewa ruko di lokasi yang strategis sekitar 30.000.000 dan untuk merenovasi ruko tersebutsekitar 10.000.000.
• Modal Peralatan Umum sekitar 3.500.000. Misalnya seperti Ragum, Gergaji besi, pahat, palu besi dan karet, tang steel, tang jepit, sklip buka dan sklip tutup. Obeng ketok, set obong minus dan plus, kunci busi motor bebek, set kunci T,Y, pas ring, pas, bintang dan lainnya.
• Modal Peralatan Khusus sekitar 2.600.000. Misalnya untuk gerinda tangan, gerinda duduk, bor tangan dan kompresor udara.
• Modal untuk Parts 3.000.000
• Modal untuk Pelumas 3.500.000
• Biaya Operasional sekitar 3.500.000. Misalnya untuk gaji karyawan, mekanik dan admin. Biaya listrik dan telepon serta biaya tidak terduga lainnya.

Jadi total perkiraan modal usaha bengkel motor adalah senilai 60.000.000

 

Tips Mencukupi Kebutuhan Bengkel

1. Sewa Ruko

Untuk mendapatkan harga ruko yang lebih hemat anda bisa menawar pada pemilik ruko. Cobalah untuk menegosiasi harga dari ruko yang anda inginkan. Atau anda bisa meminta kepada pemilik ruko untuk bisa menyicil harga ruko selama dua kali atau beberapa kali. Namun perlu diingat dalam memilih ruko tidak boleh sembarangan.

Anda harus memilih letak ruko yang strategis, dekat dengan jalan utama atau diantara keramaian. Karena letak ruko ini akan mempengaruhi berkembangnya bengkel anda. Selain itu amatilah apakah di sekitar situ terdapat bengkel lainnya atau tidak, jika sudah ada bangkel maka anda perlu mencari tempat lain. Karena bengkel anda akan sulit berkembang jika sudah ada pesaing yang lebih dahulu ada.

2. Part dan Pelumas

Anda perlu menganggarkan biaya untuk spare part kecil, misalnya seperti paking knalpot, paking car buretor, saklar, baut mesin, kampas, busi dan lainnya. Barang-barang ini harus anda sediakan karena sifatnya fast moving atau perputarannya cepat. Kemudian anda juga harus membeli pelumas atau oli keluaran APM sebanyak empat karton. Juga cairan-cairan lainnya seperti injector cleaner, carburetor cleaner, forkoil, minyak rem.

Untuk menghemat pembelian part dan pelumas, anda bisa mencari promo atau diskon yang ditawarkan oleh setiap salles yang datang. Beberapa brand juga memiliki sistem point reward dimana anda akan mendapatkan bonus untuk orderan dalam jumlah besar.

Demikian artikel tentang “Berapa Perkiraan Kebutuhan Modal Usaha Bengkel Motor Baru Di Tahun 2018”. Semoga memberikan gambaran dan manfaat untuk Anda yang ingin membuka bengkel motor.

Cek juga !!!

PROMO TERBARU dari www.kursuskorter.com

Daftar KURSUS SEKARANG !

Dapat GRATIS MESIN BOR TUNER. *Untuk periode pendaftaran khusus di Bulan Desember 2017.

Cek PROMO di –> www.promo.kursuskorter.com <–

Bisa juga hubungi di 0822 9804 9804

#BAGIKAN

Tinggalkan Balasan

Close Menu
error: Content is protected !!