WAJIB TAHU, Ciri-ciri Busi Motor yang Harus Diganti

Motor sulit hidupkan, bisa jadi harus ganti busi

Busi Motor merupakan komponen dalam motor yang penting ya gan, apalagi jika agan mau melakukan perjalanan jauh, agan harus mengecek busi motor untuk mencegah motor mati mendadak.

Begini gan ciri-ciri busi motor yang rusak atau harus diganti :
1. Motor sulit dihidupkan, ciri ini karena busi motor agan sudah benar-benar rusak, sehingga tidak bisa memberikan percikan api yang optimal untuk pembakaraan, jadi motor susah untuk hidup. 

2. Susah langsam : Menurut Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, saat motor mengalami idle atau langsam yang tidak stabil dengan ditandai motor yang susah di langsam merupakan ciri busi yang rusak. Hal ini dikarenakan percikan api tidak maksimal akibat ground dan elektroda sudah tertutup kotoran. 

3. Akselerasi Motor Menurun : Akselearsai Motor juga bisa menurun diakibatkan oleh perubahan gap busi atau perubahan celah. Celah yang dimaksud adalah antara elektroda dan groundnya. Misalnya yang tadinya celah 0,9 Mnm karena lama enggak diganti naik 1,1 Mm. Setelah itu busi tidak mengalirkan listrik di antaran dua elektroda, yang terjadi aliran listrik akan mengalir ke samping atau biasa (Missfire) dan menyebabkan motor tidak stabil.
4. Boros bahan Bakar, Ciri ini merupakan dampak dari terjadinya missfire, ayng mengakibatkan meningkatnya konsumsi bahan bakar oleh motor.
——
Buat agan yang mau setelah lulus korter langsung kerja seperti agan Dibyo (alumni kursuskorter.com) langsung hubungi 0822-9804-9804

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *