Bensin Motor Boros ? Ini Dia cara mengatasinya.

Bensin motor boros bisa disebabkan karena setingan karbu yang kurang tepat
bensin motor boros

Kursuskorter.com– Memiliki motor yang irit sekaligus bertenaga merupakan dambaan kan ya ? Walaupun motor yang bertenaga pasti akan mengkonsumsi bensin yang banyak, tapi pernahkah agan dengar ada motor yang boros sekali? Atau bahkan agan sedang mengalaminya sekarang gan?

Tenang gan, agan akan tahu cara mengatasinya sekarang juga.
Tapi sebelum itu, agan harus tahu sebab motor agan menjadi boros

1. Settingan Karbu yang kurang tepat

Karburator atau yang disebut sebagai komponen dalam mesin yang menncamput uadra dengan bensin menjadi satu. Di dalam karburator ini ada dua buah skrup yang berfungsi sebagai sekrup pengatur angin dan pengatur idle RPM. Pemasanagn 2 skrup ini harus benar-benar sesuai setingan pabrik ya gan, jika tidak akan turunnya performa motor dan borosnya besin.

2. Sistem Pengapian

Sistem pengapian tidak hanya berpengaruh terhadap pemanasan tapi juga berpengaruh terhadap berapa banyak bensin yang dibutuhkan. Idealnya begini, yang mengatur sistem pengapian itu busi, jadi ketika busi menghasilkan api yang kecil otomatis tenaganya juga kecil, sehingga untuk mendapatkan tenaga mesin yang sesuai maka agan harus meanrik gas dengan sekencang-kencangnya sehingga mempengaruhi pemakaian bahan bakar yang keluar.
Nah untuk mengetahui kondisi busi agan, yang perlu agan lakukan dengan memasang busi pada chopnya, lalu di dekatkan ke dalam blok mesin, setelah itu gerakkan atau nyalakan electric starter. Jika api masih memercik itu tandanya kondisi busi masih baik.

Baca juga : Gawat Gan, membiarkan tangki bensin itu punya dampak mengerikan untuk motormu

3. Kerak karbon yang menumpuk

Jika didapati kerak kerabon pada ruang bakar maka bersihkanlah karena akan menghambat performa mesin dan membuat bensin jadi boros. Kerak karbon ini biasanya disebabkan oleh penggunaan bahan bakar dengan kualitas buruk dan tidak sesuai dengan spesifikasi motor. Nah untuk cara membersihkannya bisa dengan  melakukan carb cleaner setiap servis motor. Selain itu bisa menggunakan pertamax atau bahan bakar beroktan 92.

4. Suhu mesin kurang dari suhu kerja

5. Tutup tangki tidak rapat

Nah sekarang sudah tahu mengatasi bensin yang boros pada motor agan kan?
Sekarang agan saatnya melakukan penambahan pada skill agan, yuk ikut kursus korter biar skill korter agan makin top. Hubungi Bapak Bayu : 0822-9804-9804

Tonton BALANCING DAN CENTERING KRUK AS MANTAP BOSSS ! ||0822-9804-9804

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *