Jarum RPM sering di garis merah, JANGAN DISEPELEKAN !

RPM atau Rotasi Per Menit. Terkadang ada yang menyebutkan dengan Revolusi Per Menit atau ada yang menyebutnya juga dengan istilah takometer. Pada umumnya RPM ditunjukan dalam bilanagn ribuan, jadi apabila takometer berada pada posisi 4 maka komponen bergerak dalam mesin berputar 4000 tiap menit.


RPM terkadang ditampilkan dalam bentuk digital, namun tidak jarang kalau yang ditampilkan dalam indikator manual/ jarum.

Pada motor matic RPM sudah diatur otomatis, tetapi jilakau RPM mengarah pada garis merah, hal ini dapat menjadi pertanda adanya kerusakan pada mesin.

Pengendara mobil manual yang senang berakselerasi harus lebih peka pada pergerakan RPM. Jika jarum terlalu sering menyentuh garis merah maka komponen mesin akan cepat aus.

Nah untuk alasan efisiensi, pengguna mobil bertransmisi manual baiknya tidak memacu kendaraan melebihi 3000 RPM, hal ini dilakukan agar putaran mesin tidak terlalu kencang berputar. Langkah ini dilakukan agar mesin bisa lebih awet.
—-
Buat agan yang mau jadi juragan bengkel dengan omset jutaan yuk langsung hubungi 0822-9804-9804, GRATIS 9 fasilitas loh.

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *