Mengapa indonesia pake right driving bukan left driving?

kursuskorter.com– Sejarahnya posisi pengemudi mobil di dunia ini dibedakan menjadi dua, yaitu right driving dan left driving. Sedangkan untuk blok negaranya itu dinamai dengan right driving counteris dan left driving counteris. Nah mengenai hal tersebut, jika agan mengamati mobil indonesia posisi sopir ada di sebelah kanan bukan di sebelah kiri. Why ? Mengapa begitu? sebenarnya apa sih yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?

ini dia jawaban kenapa indonesia memakai right driving bukan left driving
mobil indonesia pakai sistem right driving bukan left driving

Diambil dari wolrdstandars, Rabu (17/16) untuk left driving countries adalah standarisasi dalam lalu lintas suatu negara yang jalan kendaraannya memakai jalur kiri, sehingga untuk roda empatnya setiap setir mobilnya berada di bagian kanan. Contohnya Jepang, inggris, australia, Singapura, malaysia dan indonesia

Sebaliknya right driving countries adalah standarisasi dalam lalu lintas suatu negara yang jalan kendaraannya memakai jalur kanan, jadi roda pengemudinya ada di kiri. Contoh dari negara yang menggunakan jalur ini adalah amerika, mayoritas kecuali inggris dan china.

Tetapi jikalau kita menengok sebuah sejarah, penetapan roda pengemudi ini tidak lepas dari kebiasaan kerajaan inggris yang semasa perangnya dulu menggenggam pedang di tangan kananya. 

Sedangkan untuk sistem left driving, pada akhir 1700-an kusir di prancis dan amerika serikat saat melakukan perang posisi kusir berada di sebelah kiri. 

Sedangtkan untuk indonesia sendiri, karena indonesia merupakan salah satu negara di asia tenggara yang tentunya menjadi bekas jajahan inggris. Ada suatu peristiwa yang menceritakan bahwa belanda dulu saat menjajah indonesia menggunakan setir kanan, kemudian saat belanda dijajah oleh prancis amka berubah ke kiri. Tapi indonesia tetep pada kanan , mengapa bisa begitu?

Sebab pada saat itu juga indonesia mendapat pengaruh dari jepang yang masuk ke indonesia dan menjajah indonesiam dimana mereka menggunakan sistem right driving. Uniknya lagi hingga saat ini, mobil yang beredar di pasaran indonesia adalah mobil buatan jepang.
Baca juga : Untung atu Rugi sih pake ban Tubles ?

Nah sekarang rasa penasarannya sudah terjawab ya bos. Ohya buat bosku yang hobby oprek mesin bisa gabung dengan kursuskorter.com dengan menghubungi bapak Bayu di nomor 0822-9804-9804

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *