Plat Nomor alias Tanda Nomor Kendaraan pentingkah? Fungsinya Apa?

Kursuskorter.com- Kalau bicara motor atau mobil pasti juga akan bicara tentang bagaimana mengidentifikasi motor atau mobil tersebut. Disebabkan hal itu maka perlu diberikan penomoran yang difungsikan untuk membantu mengidentifikasi motor atau mobil tersebut.

plat motor sanagt penting karena berfungsi untuk mengidenfikasikan  motor dan mobil tersebut
Plat motor pentingkah ?

Bisa kita cermati pada dunia balapun motor atau mobilnya juga dilengkapi nomor pembalap sebagai alat bantu mengidentifikasinya, tapi hal ini akan berbeda ketika kita di jalanan umum, motor pembalap akan menggunakan nomor plat sesuai kepemilikannya yaitu dengan TNKB.

TNKB adalah tanda registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor berupa plat atau berbahan lain dengan spesifikasi tertentu yang diterbitkan Polri dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang di kendaraan bermotor. Dalam UU LLAJ hanya disebutkan bahwa TNKB harus memenuhi syarat, bentuk, ukuran, bahan, warna dan cara pemasangan.

Tetapi dengan merujuk pada perkapolri 5/2012 hanya disebutkan bahwa TNKB dibuat dari bahan yang mempunyai unsur-unsur pengaman sesuai spesifikasi teknis. Unsur-unsur pengaman TNKB yaitu berupa logo lantas dan pengaman lain yang berfungsi sebagai penjamin legalitas TNKB.

Menurutnya juga bahwa Warna TNKB dibedakan sebagai berikut :

1. Warna dasar hitam dan tulisan hitam untuk kendaraan perseorangan.

2. Warna dasar kuning dan tulisan hitam untuk kendaraan bermtor umum

3. Warna dasar merah dengan tulisan putih untuk kendaraan milik pemerintah.

4. Warna dasar putih dan tulisan warna merah untuk motor sementara,

Baca juga : 11 Tips Jitu Beli Motor Bekas Tanpa Nyesel
Sebenarnya apa sih fungsi dari TNKB itu?
1. Membedakan kendaraan satu dan lain

2. Identifikasi kendaraan oleh berbagai instansi

3. Memudahkan kita di saat kendaraan hilang

Lalu bagaimana cara membacanya nih gan? Di dalam plat motor biasanya cetakan 2 baris, setiap baris mempunyai arti gan

a. Baris pertama menunjukkan : kode wilayah (huruf), nomor polisi (angka), dan kode/seri akhir wilayah (huruf)

B. Baris kedua menunjukkan bulan dan tahun masa berlaku, masing-masing dua digit (misalnya 01.24 itu betati berlaku hingga Januari 2024).

Karena hal mengingat pentingnya penggunaan plat kendaraan sebagai identifikasi kendaran sebagai savety kendaraanmu juga gan, jadi dipasang ya gan plat kendaraannya ya.
Eh iya buat agan yang hobby oprek mesin atau modifikasi mesin bisa langsung hubungi nomor 0822-9804-9804, agan akan dibimbing oleh instruktur berpengalaman lebih dari 30 tahun sekaligus mekanik langganan pembalap penta wijaya, hendriansyah, bima aditya, bimo oktavianos dll.

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *