TRIK MUDAH MENGATASI LAMPU MOTOR YANG SERING PUTUS

Duh, pasti tidak mengenakan sekali kan gan kalau baru ganti lampu tapi putus lagi. Atau sedang dalam keadaan yang genting tapi lampu motor tiba-tiba mati. Agak jengkel kan gan tentunya?


Nah, perlu adanya tahu penyebab lampu mudah putus itu bagus banget gan. Lampu motor tentu saja menjadi kebutuhan utama setiap kendaraan. Selain digunakan sebagai media penerangan lampu juga masuk ke dalam peraturan lalu lintas. Tak sedikit juga pengguna motor yang kena tilang polisi karena tidak menyalakan lampu kendaraanya.

Penyebab lampu motor putus itu banyak sekali variasinya, diantaranya :
1. Bukan Lampu Asli Pabrikan

2. Kabel yang konslet terutama yang mengarah ke lampu. Jadi agan harus memperhatikan kabelnya saat memasang lampu yang baru.

3. Kiprok rusak, kiprok yang rusak itu mengganggu proses pengisiannya, hal ini menyebabkan tingkat kelistrikan yang menuju ke arah bohlam menjadi berlebih. Jika tetap dibiarkan, maka lampu bohlam akan mudah putus.

4. Terkena air, air yang masuk ke dalam reflektor atau masuk ke dalam lampu karena lampu menggunakan dudukan lampu (fitting) yang tidak dilengkapi dengan karet pelindung.

Tanda dari lampu yang terkena air itu bisa dilihat dari lampu berwarna kehijauan.

5. Soket Rusak, bisa terjadi saat mengganti lampu dengan menggunakan aftermarket, atau pemasangan kabel kabel soketnya yang tidak rapi.
6. Overcharge, overcharge melakukan pengisian arus listrik yang berlebihan ke aki bisa membuat lampu motor cepat putus, karena ketika motor digas sampai pada batas maksimalnya, pengisiannya tidak boleh lebih dari 14,5 atau maksimalnya 15,5.
Jika melebihi dari batas maksimal nya maka lampu motor akan cepat putus dan aki puna kan semakin panas. Sebab terjadinya overcharge bisa disebabkan oleh kiprok, spul, ataupun aki yang rusak.
7. Sistem AHO (Automatic Headlight On)

Setelah kita mengetahui penyebabnya, maka kita akan lebih mudah mengambil kesimpulan bagaimana cara memperbaiki lampu yang rusak.
1. Mengganti lampu dengan lampu yang original
2. Mengganti kiprok, dudukan lampu, dan spul dan membersihkan soket yang kotor.

——
Buat agan yang mau setelah lulus korter langsung kerja seperti agan Dibyo (alumni kursuskorter.com) langsung hubungi 0822-9804-9804

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *