9 Tips Merawat Motor Agar Tidak Terlalu Sering Service

9 Tips Merawat Motor Agar Tidak Terlalu Sering Service – Motor menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting di semua kalangan. Memiliki motor tentunya juga harus dirawat dan di service secara rutin, agar motor tetap awet dan tidak terjadi kerusakkan yang fatal pada motor.

Lalu apa saja sih tips merawat motor agar tidak terlalu sering service ?

  1. Cek Oli Secara Berkala

Periksa oli secara berkala, jangan sampai oli motor berwarna kehitaman. Oli mesin memiliki fungsi yang sangat penting untuk melumasi berbagai komponen mesin mulai dari piston, seher, ring dan bagian lainnya dari motor anda

2. Cek Kekencangan Rantai Motormu

Pastikan untuk cek kondisi rantai agar tak terlalu kendur dan juga tak terlalu kencang. Karena motor bebe dengan kondisi rantai terlalu kendur dapat membuatnya putus secara tiba-tiba. Dan apabila rantai kering, lumurilah dengan oli rantai.

3. Periksa Aki Supaya Tidak Melewati Batas

Hal ini sangat penting untuk dilakukan guna menghindari karusakan pada sel aki dan juga mengakibatkan kerusakan pada bagian lain pada motor.

4. Periksa Kualitas Busi

Memeriksa kondisi busi menjadi hal yang tak kalah penting, karena jika anda sudah melalui jarak 12.000 kilometer maka wajib untuk mengganti busi motor anda.

5. Ganti Roda Gigi Yang Sudah Tajam

Gantilah roda gigi yang sudah tajam, karena jika saat roda gigi sudah tajam dan tidak langsung diganti dapat mengakibatkan rantai putus tiba-tiba.

6. Periksa Tekanan Angin pada Ban

Cek tekanan angin minimal seminggu sekali, biar ban motor kamu tetap awet. Dan juga untuk mengurangi potensi ban bocor dan juga masalah lain yang dapat timbul akibat ban kempes.

7. Rutin Merawat Filter Kaburator

Lakukan perawatan pada filter kaburator supaya tetap berfungsi dengan baik.

8. Panaskan Motor dengan Normal

Panaskan mesin motor selama 2-5 menit sebelum anda memakai motor untuk berkendara. Hal ini dilakukan karena berfungsi menaikkan oli dan melumasi komponen mesin yang akan bekerja.

9. Cek Selang Bensin yang Sudah Tidak Lentur

Yang terakhir adalah cek selang bensin yang sudah tidak lentur, untuk mencegah motor agar tidak mogok tiba-tiba. Karena selang bensin yang tidak lentur dapat menyebabkan hambatan saluran bensin ke karburator.

Gimana gan setelah baca tips diatas ? Jangan lupa dilakukan ya, biar nggak keseringan ganti ban hihi

Semoga artikel ini membantu 🙂

Untuk agan-agan yang hobi oprek motor dan ingin mendalami lagi soal korter atau oversize, buruan daftar yuk sebelum kelas penuh. Langsung Japri 0822-9804-9804 🙂

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *