Cara Praktis Mengetahui Perbedaan Motor 2 Tak dan Motor 4 Tak

Jenis mesin motor memang sudah menjadi hal yang familiar bagi mereka yang sudah mengenal dalam tentang permesinan maupun pengkorteran, karena perkara ini adalah perkara dasar dalam motor.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini menjadi sesuatu yang baru bagi para pemula, atau lebih tepatnya untuk mereka atau bahkan Anda yang sedang awal mempelajari tentang mesin motor.

Jadi buat Anda yang sedang membaca artikel ini, saya ucapkan selamat karena Anda berada pada artikel yang tepat dan akan menjawab pertanyaan Anda seputar perbedaan motor 2 tak dan 4 tak.

Motor mesin 2 tak atau disebut dengan motor 2 langkah, maksudnya dalam menghasilkan 1 kali energi motor membutuhkan 2 langkah yaitu hisap bahan bakar kompresi, sedangkan motor 4 tak atau disebut 4 langkah (hisap bahan bakar, kompresi, bakar, buang asap).

Selain itu perbedaan yang lain adalah motor 2 tak menggunakan oli samping sedangkan motor 4 tak tidak memakai oli samping. Oli mesin yang ada di mesin motor 2 tak berfungsi untuk melumasi transmisinya saja , tidak dengan bagian silinder, seperti pada mesin 4 tak pada umumnya itu sebabnya motor 2 tak butuh oli samping. Oli samping pada motor 2 tak mempunyai peranan vital di mana nanti oli samping yang akan melumasi bagian silinder dan ikut terbakar bersama bahan bakar. Jadi ketika oli sampingnya habis akan menyebabkan piston menjadi rusak karena tidak ada pelumasan pada silinder.

Lalu perbedaan yang paling umum itu ada pada suara motor, kalo suara motornya cempreng itu adalah motor 2 tak. Misalnya rx king, fiz r, ninja ss, satria kebo. Sedangkan motor 4 tak cenderung mempunyai suara yangt lembut seperti supra x, supra fit, seon, beat, mio.

Untuk ukuran busi (korek perapian mesin motor) pada 2 tak lebih besar daripada 4 tak disebabkan busi 2 tak didesain lebih tahan terhadap pembakaran.

Apabila dari irit dan tidak bahan bakarnya, motor 2 tak cenderung lebih boros karena pada pembakarannya banyak bahan bakar yang ikut terbuang. Tetapi untuk kecepatan lajunya cenderung lebih ngacir motor 2 tak loh.

Terus motor 4 tak bisa ngacir tidak? Bisa kok. Buat Anda yang mau motornya ngacir bisa dengan melakukan pengkorteran pada blok mesin/ blok silindersnya. Nah rekomendasi buat Anda yang mau teknik pengkorterin bisa langsung daftar dan ikut kursus dari kursuskorter.com biar makin ngacir motornya !!! yuk hubungi 0822-9804-9804 (bapak badrus) atau bisa klik https://kursuskorter.com/kontak/


#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *