Belajar Mekanik Bengkel Sepeda Motor dan Menjadi Mekanik Yang Handal

#BAGIKAN

Anda suka kegiatan yang berhubungan dengan mesin? Atau hal-hal yang berkaitan dengan otomotif? Lalu bagaimana jika ingin belajar mekanik bengkel sepeda motor? Apakah sebuah prospek yang baik? Pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya akan muncul saat anda kebingungan menentukan karir, untuk saat ini menjadi seorang mekanik merupakan hal yang cukup menjanjikan.

Motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan sebagai alat transportasi. Selain itu, kendaraan roda dua ini juga dijadikan sebagai sarana olahraga otomotif yang banyak di gandrungi orang. Baik perempuan atau laki-laki dari berbagai usia. Banyaknya pengguna jenis kendara ini membuat belajar mekanik di bidang ini sangat penting.

Anda biker atau hanya sebatas memakai sepeda motor untuk keperluan sehari-hari? Apapun itu, pentingnya mengetahui lebih lanjut tentang kendaraan yang anda gunakan adalah sebuah keharusan. Hal ini dimaksudkan agar ketika sepeda motor anda mengalami masalah maka anda bisa memperbaikinya sendiri. Tanpa perlu repot mencari bengkel yang terkadang cukup jauh jaraknya.

belajar mekanik bengkel sepeda motor

Selain mempermudah untuk memperbaiki kendaraan secara mandiri. Adakah alasan yang lebih menunjang untuk belajar menjadi seorang mekanik bengkel sepeda motor? Tentu saja ada, simak ulasan berikut:

Alasan Harus Belajar Mekanik Bengkel Sepeda Motor

 

  • Jenjang Karir yang Menjanjikan

 

Saat ini, masih saja ada segelintir orang yang berasumsi bahwa bekerja di bengkel bukanlah sebuah pilihan. Menjadi mekanik bengkel sepeda motor kurang diminati karena pekerjaannya yang berat dan gajinya yang sedikit. Jika anda sepemikiran dengan hal tersebut, maka dapat dipastikan bahwa asumsi anda kurang tepat.

Padahal jika melihat banyaknya orang yang menggunakan kendaraan roda dua untuk menunjang aktivitas sehari-hari maka dapat dipastikan jika berkarir di dunia otomotif sepeda roda dua adalah pilihan yang tepat. Selain itu, dengan modal keahlian di bidang otomotif anda dapat membuka lapangan pekerjaan seperti membuka bengkel atau toko otomotif.

Tidak hanya untuk membuka bengkel dan toko otomotif. Anda juga bisa berkarir di dunia balap sebagai teknisi. Tentu saja, gaji yang anda dapatkan tidak lah sedikit. Jenjang karir yang cukup menjanjikan bukan?

 

  • Keahlian yang Permanen

 

Dengan belajar mesin sepeda roda dua maka informasi yang anda dapatkan dan praktikan bisa menjadi sebuah keahlian yang permanen. Memiliki keahlian di bidang ini harus anda syukuri. Saat ini hanya sedikit orang saja yang tertarik untuk benar-benar mempelajari otomotif terutama sepeda motor. Kebanyakan orang yang mempelajari otomotif adalah laki-laki, padahal sebenarnya perempuan pun boleh mempelajarinya.

Menjadi teknisi bengkel tidak lah dibatasi oleh gender. Karena memperbaiki sesuau merupakan sifat manusia dan siapa saja dapat melakukannya jika ada niatan untuk belajar dan mencoba. Apalaki jenis keahlian yang satu ini sangat diperlukan di era global seperti sekarang ini.

 

  • Pekerjaan yang Menantang

 

Menjadi seorang teknisi merupakan pekerjaan yang sangat menantang. Bagaimana tidak, seorang teknisi akan dituntut untuk dapat melakukan problem-solving dengan waktu yang singkat. Kondisi mesin atau kendaraan yang tidak menentu membuat seorang teknisi harus berfikir pintar dan cepat karena kustomer tidak mungkin mau menunggu lama. Oleh karena itu lah, pekerjaan ini cukup menantang.

Memahami dan dapat melakukan problem-solving hanyalah salah satu alasan kenapa pekerjaan ini menantang. Masalah-masalah baru yang mungkin muncul, atau cara perbaikan yang sudah sesuai dengan prosedur namun tetap belum dapat memperbaiki kerusakan yang ada merupakan salah satu alasan. Selain itu, ide-ide yang inovatif juga sangat dibutuhkan, karena terkadang ada saja kustomer yang meminta untuk memodif kendaraannya. Menarik bukan?

Setelah anda menemukan alasan yang cukup meyakinkan untuk terjun ke dunia mekanik maka jangan tunda lagi. Mulai lah belajar dan jangan malu untuk bertanya kepada yang lebih ahli. Untuk pemula anda dapat membaca beberapa buku otomotif atau mengakses internet. Namun akan lebih baik lagi jika anda belajar mekanik bengkel sepeda motor di tempat yang memang membuka pelatihan.

Mempelajari mesin otomotif kendaraan roda dua bukanlah hal yang mudah. Anda akan di tuntut untuk menghafal berbagai komponen yang mungkin cukup asing bagi anda. Ini adalah hal yang wajar namun, secara berangsur-angsur anda akan dapat menguasainya. Berikut ini adalah tips untuk mempermudah belajar menjadi mekanik:

Tips Menjadi Mekanik Handal

 

  • Niat

 

Dalam proses belajar, banyak orang yang akan dihadapkan dengan berbagai macam hal yang menghambat proses belajar. Tapi tidak usah khawatir, jika anda memiliki niat yang jelas maka hal semacam itu pasti akan dengan mudah dilalui. Bulatkan niat dan tekad anda untuk benar-benar serius mempelajarinya. Hal ini dikarenakan belajar otomotif memerlukan konsistensi yang tinggi.

Jika anda berhenti di tengah-tengah, maka apa yang ada pelajari tidaklah cukup lengkap utuk diterapkan. Karena itu bulatkan niatan yang kuat untuk belajar dan tidak menyerah ditengah jalan. Menjadi mekanik memang hal yang tidak gampang, karena itu mekanik-mekanik handal pasti mempunyai niatan yang kokoh dalam proses belajarnya.

 

  • Belajar

 

Jangan malu untuk bertanya ketika dalam proses belajar menjadi mekanik bengkel sepeda motor. Jika anda tidak memahami beberapa hal yang mungkin sudah pernah diajarkan, jangan pernah sungkan untuk menanyakannya kembali. Selain itu, ketika anda mengalami masalah dalam mencari tahu sumber kerusakan tanyakan pada ahlinya. Dengan belajar, bertanya dan berusaha maka akan mempermudah proses anda manjadi seorang mekanik yang profesional.

Makna belajar itu cukup luas. Belajar tidak berarti hanya membaca buku dan mengafak komponen-komponen yang ada. Pergilah kebengkel dan mengamati bagaimana teknisi mempemperbaiki kendaraan yang ada juga merupakan suatu hal yang dapat dilakukan. Dengan terus belajar maka anda akan lebih mudah menjadi teknisi yang handal nantinya.

 

  • Praktek

 

Setelah mempelajari teorinya. Langkah selanjutnya adalah mempraktikan apa yang sudah dipelajari. Menjadi seorang teknisi tanpa praktik tidak mungkin bisa. Karena pekerjaan yang menuntut untuk berinteraksi langsung dengan bendanya membuat seorang teknisi harus rajin-rajin praktik.

Dalam prosesnya terkadang banyak yang melakukan kesalahan dan tidak mampunya menemukan masalah pada mesin membuat seorang teknisi menyerah. Hal inilah yang harus dihindari. Karena dengan adanya praktik, seorang mekanik dapat belajar dari sebuah kesalahan yang mungkin terjadi saat problem-solving. Praktik merupakan cara untuk mengasah skill seorang teknisi dalam memperbaiki mesin yang rusak.

 

  • Ulet

 

Tidak hanya butuh niat yang bulat atau belajar yang dilakukan secara terus-menerus. Ke uletan dalam mempelajari hal-hal yang sulit juga dibutuhkan oleh seorang teknisi otomotif. Hal ini di dasari oleh pemecahan masalah dan penerapannya. Dengan ke uletan, seorang teknisi tidak akan berhenti mencari dimana masalah yang memang harus diperbaiki.

 

  • Update Tekhnologi

 

Di era modern seperti ini tekhnologi yang maju sangatlah dibutuhkan. Sepeda motor awalnya muncul dengan menggunakan gigi dan kopling. Saat ini, sudah banyak sekali sepeda motor matic yang hanya perlu digas. Ini membuktikan bahwa adanya kemajuan tehkologi dibidang ini.

Bagi teknisi, pasti akan dihadapkan dengan kasus-kasus baru terkait mesin yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, pentingnya mengupdate tekhnologi yang anda ketahui adalah hal yang mutlak. Dengan begitu hal yang anda lakukan akan menjadi lebih maju. Bagaimana, sudah berminat untuk belajar mekanik bengkel sepeda motor?

Bagi anda yang hobi dengan dunia balap dan modifikasi, bisa memilih untuk mengikuti kursus korter sepeda motor. Secara spesifik tentang materi korter atau Bore-UP Blok Motor mempelajari tentang cara meningkatkan kapasitas mesin sepeda motor. Mengapa harus mengikuti kursus korter ? Jawabannya dapat anda temukan di artikel ย 5 alasan kenapa anda harus kursus korter.

Bagaimana cara mendaftar kursus? Anda bisa mendaftar melalui http://bit.ly/KursusKorterJogja. KURSUSKORTER.COM sebuah lembaga kursus korter pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan instruktur yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Info lengkap bisa di cek di website https://kursuskorter.com/ atau http://promo.kursuskorter.com/.

Salam #korterspeed.

 

#BAGIKAN

Leave a Reply

one × two =

Close Menu
error: Content is protected !!