Jangan Diremehkan, Kenali Tanda-Tanda Van Belt Motor Matic Segera Diganti.

Motor Matic memang sangat praktis dan mudah dikendarai, tapi bukan berarti untuk perawatannya juga mudah. Jadi jangan diremehkan ya gan !

Van Belt atau V-Belt pada motor matic berbahan karet, fungsinya sebagai penggerak roda yang ada di belakang. V-Belt pada motor matic terletak di dalam CVT, jadi tidak bisa melihat langsung atau harus dibongkar terlebih dahulu. 

Baca juga :https://kursuskorter.com/mitos-dan-fakta-seputar-oli-mesin-cek-di-sini/

Sama halnya seperti rantai, v-belt punya batas pemakaiannya, batas usia dari sabuk penggerak yang ada di motor matic ini tidak lebih dari 30.000 km. Untuk itu agan harus tahu tanda-tanda dari V-Belt yang harus diganti agar tidak putus saat dikendarai. Berikut tanda tandanya :
1. Cek kondisi V-Belt, jika pada bagian V-Belt ada lekukannya dan berbentuk V, maka V belt harus diganti. Selain itu apabila ditemui geriginya sudah tidak bagus, maka wajib diganti. Apalagi sampai V-belt retak, maka harus segera di ganti.

2. Motor tidak ada tenaga

3. Perhatikan kilometer, usia v-belt bisa dilihat dari jarak tempuh pada spidometer.
4. Motor matic bergetar saat sedang berjalan atau laju motor terasa berat tarikannya.

5. Motor Mengkonsumsi bahan bakar bensin menjadi banyak, motor menjadi boros.

6. Terdengar bunyi gesekan

V-Belt perananya sangat penting ya gan, jadi lakukanlah pengecekan pada v-belt motor matic agan sekarang, jika agan ingin selamat dari motor yang tidak bisa digunakan lagi cuma gara gara putus dan retaknya v-belt.

Ohya buat agan yang mau punya mengubah masa depan hanya dengan 12 hari saja, yuk daftar kursusa aja dengan menghubungi 0822-9804-9804

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *