Kompresi jebol sebabkan motor brisik benarkah ?

kompresi rusak dan 6 faktor lainnya bisa sebabkan motor berisik, bermasalah

Kompresi jebol memang menjadi hal yang berkaitan erat dengan motor berisik tapi, Tidak semua motor brisik di sebabkan oleh kerusakan pada kompresi. Seringkali justru 6 faktor lain yang sebabkan motor Anda brisik.
Oleh karena itu Anda dituntut untuk lebih responsive terhadap perubahan yang terjadi pada motor anda.
Tidak bisa sembarangan mengambil langkah ketika motor bermasalah, karena semakin anda sembarangan bisa saja motor anda akan bobrok.

Sepertinya anda perlu tahu bahwa…..

Biasanya motor bermasalah itu tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja. Misalnya seperti kebocoran kompresi. Kesuksesan untuk mengatasi motor bermasalah ada pada ketepatan anda memahami kerusakan motor anda.

Lalu bagaimana? Apa saja sebab dari kebisingan motor?

Inilah yang akan kita bahas sekarang…

Sedikitnya ada 7 faktor yang membuat motor brisik.

  1. Volume oli yang kurang

Perlu kita ingat kembali bahwa ketika motor beroperasi yang terjadi adalah semua komponen pada motor saling bergesekan, jadi suara bising pada motor bisa dikatakan wajar. Tapi tingkat wajar tentunya ada standarnya.
Baca juga : Emisi motor buruk gara-gara oli motor encer

Nah untuk mengatasi hal ini, itulah fungsinya oli yang melumasi gesekan mesin sehingga tidak menimbulkan suara brisik yang berlebihan. Bisa dibayangkan jika oli motormu kurang, sumber pelumas tentunya berkurang dan terjadilah suara berisik pada motormu.

2.Timming chain kendor

3. Celah gigi primer terlalu besar

4. Poros nok aus/ oblak

5. Celah katup terlalu besar

6. Kebocoran kompresi

7. Baut yang kendor

Lalu bagaimana sih dalam mengatasinya?

Jika motor berisik anda disebabkan karena rantai motornya, menurut Technical devision PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatasi berisik yang disebabkan oleh rantai motor tidak sulit. Cukup dengan membersihkan kotorannya dengan pelumas.
Baca Juga : Alat ukur yang wajib kamu kuasai saat melakukan oversize

Selain itu anda perlu mengecheck stelan rantai juga, takutnya bukan karena rantai motor yang kotor tapi karena stelan rantainya yang kurang tepat. 
Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa sebuah ilmu teknik bukan soal naluri maupun insting tapi perihal ketepatan dan ilmu sesungguhnya. Tambah ilmu bengkelmu sekarang yuk! KLIK SEKARANG ! maka anda belajar menghindari kompresi jebol dari sekarang.

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *