Kamu harus tahu, ciri-ciri ban motor yang haru di ganti agar kamu selamat

Kursuskorter.com- Ban merupakan salah satu komponen yang penting di sepeda motor yang tentunya sangat harus diperhatikan. Karena kecelakan sepeda motor juga disebabkan oleh masalah ban, bisa disebabkan kurang angin, meledak di jalan atau bahkan bocor di jalan. Masalah masalah ini tentunya akan membuat kamu rinskan dan tentunya meresahkan.

Nah dari mayoritas kecelakan sepeda motor itu disebabkan oleh ban motor yang sudah tidak layak, salah satunya ban motor yang berbelok.

kecelakan motor bisa disebabkan oleh ban yang sudah berbelok
ciri-ciri ban motor yang harus diganti agar kamu selamat

Apalagi jika kejadian ini terjadi saat bosku sedang perjalanan pulang untuk mudik atau touring misalnya. Lebih mengenaskan lagi ketika bosku sedang mengendarai sepeda motor sendiri  sedangkan saat terjadi kejadian itu jauh dari bengkel. Tentunya bosku harus menuntun sepeda motor agan hingag sampai ke bengkel. Melelahkan sekali bukan?

Nah kali ini saya akan berbagi informasi seputar ciri ciri motor yang harus segera ganti ban.

1. Goyang saat berbelok

ini adalah tanda bahwa ban bosku sudah tidak proporsional untuk digunakan. Jika tekanan masih cukup itu berarti ada pada masalah bannya yang harus segera ganti.

2. Terlalu membal

ini menandakan bahwa bannya sudah tidak pada kualitas baik karena ban yang baik kinerjanya bisa sejalan dengan shockbraker terutama di jalanan yang tidak rata. Ban yang terlalu membal saat mengenai benturan maka tekstur ban sudah terlalu keras sehingga tidak ealstis lagi.

3. Ada benjolan di permukaan ban

Ini terjadi bisa disebabkan karena benturan keras pada permukaan ban motor yang sudah tidak bagus. 
Baca juga : Jarum RPM sering di garis merah, JANGAN DISEPELEKAN !

4. Alur kembang sudah menipis

Ban memiliki alur garis yang bertujuan untuk memecah genangan air yang melintas. Hal ini agar bosku tidak mudah terpeleset. Jadi jika alur ban bosku sudah menipis sebaiknya segera ganti ban karena rinskan jika terus bosku gunakan.

5.  Sejajar dengan tread wear indeicators (TWI)

TWI merupakan tanda yang ada di sisi permukaan ban. Bentuk TWI bertanda segitiga sebagai batas keausan ban motor, semakin dekat ujung permukaan ban denganujung segitiga TWI maka tanda dari ban yang sudah mulai tipis.

Nah itu bos yang harus bosku perhatikan pada ban motornya ya. Idealnya bank eksternal ban belakang harus ganti dalam jangka waktu 10 hingga 12 bulan, sedangkan ban depan  

Akan ganti pada jangka 12-15 bulan. Atau jika ban motor sudah menempuh jarak lebih dari 30.000 km maka sebaiknya segera diganti

Buat bosku yang hobby oprek mesin dan ingin jadiin hobby sebagai ladang pahala bisa langsung bergabung dengan kami di kursuskorter.com dengan menghubungi Bapak Bayu di 0822-9804-9804

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *