Stang seher rusak disebabkan 4 faktor ini

stang seher bisa rusak disebabkan oli yang tidak berkualitas
4 sebab stang seher cepat aus

Saya akan katakan terang-terangan pada Anda
Bahwa menyepelekan kerusakan pada stang seher dapat menyebabkan kamu mengalami kerugian sangat besar

Dimulai dari kerusakan pada kepala piston yang akan rusak, blok motor pecah hingga menyebabkan nyawa melayang

Coba bayangkan ketika kamu sedang mengendarai sepeda motor dengan akselerasi yang tinggi tiba-tiba stang seher pada anda bengkok, kemungkinan besar anda akan terpelanting dan tergelincir.

Bagaimana jika lebih dari itu?

Bayangkan lagi saat kamu sedang pada kejadian itu tiba tiba banyak motor dan kendaraam lain di belakang anda yang tentunya resiko sekali terjadi kecelakaan beruntun

Serem kan ?

Nah untuk itu kita harus berhati-hati dalam berkendara, selain aman buat diri sendiri tentunya juga aman terhadap pengendara lain.

Menurut solikin, Mekanik Selaras Motor, Roxy, Cideng, Jakarta barat pada senin (18/1) stang seher yang rusak akan sangat berbahaya, selain dapat menyebabkan terpelanting juga dapat menyebabkan motor harus mengalami perbaikan yang sangat besar dan tentunya mahal.

Kasus terbanyak pada kerusakan stang seher disebabkan oleh aus dan umur sekitar 70 % nya. Faktor lainnya disebabkan oleh memacu motor di lintasan yang ekstream dan penggunaan oli berkualitas jelek.

Yang dikatakan sebagai lintasan ekstream adalah lintasan dengan sudut kemiringan lebih dari 30 derajat dengan lintasan yang terjal. Pada kondisi ini biasanay pengendara lupa untuk memindahkanm gigi ke posisi rendah sehingga mengakibatkan motor melakukan perputaran mesin yang tinggi.

Gaya trek trekan (akselerasi menghentak hentak) dan tidak diikuti oleh penggunaan oli yang berkualitas bagus sangat merusak stang seher.

Pada gaya ini akan terjadi kerusakan kruk as oblak. 

Tapi ternyata masih ada lagi yang sebabkan stang seher rusak yaitu saat kamu melakukan oversize dengan sembarangan tanpa melakukan perhitungan.

Kira-kira kenapa bisa begitu? 

Jadi begini, saat meningkatkan rasio kompresi maka energi yang disemburkan ke mesin semakin berlipat. Otomatis memperbesar tekanan piston yang membawa campuran bahan bakar dan udara sehingga membutuhkan hentakan seher yang lebih keras.

Apabila stang sehernya tidak kuat maka akan menyebabkan oblak dan rusak.

——————————-
Jadi sangat tidak disarankan jika kamu melakukan oversize, bahkan bongkar pasang kruk as tanpa adanya skill.

Jika kamu tetap mencobanya, saya tidak bisa menjamin kamu akan selamat dan saya juga tidak bisa menjamin kamu tidak mengeluarkan uang besar untuk memperbaiki motormu

Nah baiknya yang harus kamu lakukan ketika kamu mau melakukan modifikasi. Baik body motor maupun meningkatkan speed pakai lah ilmu yang tepat.

Anda bisa dapatkan TIPS GRATIS bongkar stang seher setelah bergabung kursus dengan kursuskorter.com dengan menghubungi WA : 0822-9804-9804. Selamat mencoba !


Baca juga : Kursuskorter.com belum buka cabang, Hanya ada di jogja.

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *