Aki rusak sebabkan mobil gembos, benarkah begitu?

Aki rusak merupakan momok yang menakutkan, apalagi saat di perjalanan jauh. Mudik misalnya. Entah memang sudah harus diservice atau bahkan harus diganti. Ada beberapa alasan kenapa aki mobil harus segera diganti. Selain memang umurnya sudah memenuhi batas ganti, bisa juga karena memang kesalahan dan keteledoran dari pengguna mobil itu sendiri. Lalu benarkah aki rusak sebabkan mobil gembos?

Jadi begini…..

AKI atau ACCU pada kendaraan menjadi suplayer tenaga listrik yang utama pada kendaraan. Keberadaannya sangat vital mengingat sistem kendaraan sangat tergantung pada pasokan listrik.

Aki rusak sebabkan motor gembos

Baca juga : Busi berkualitas menaikan performa motor

Dampak dari kerusakan aki bisa menyebabkan masalah baru pada beberapa komponen listrik lainnya, seperti perangkat audio, lampu kendaraan, sampai Engine Control Unit (ECU), bahkan fatalnya bisa bikin ECU sampai rusak.

Nah mengingat fatalnya fungsi aki pada mobil, maka ketika akan melakukan service aki harus memperhatikan beberapa komponen-komponen yang berkaitan erat dengan aki itu sendiri. Seperti : 

  1. Indicator pada dashboard, karena biasanya saat ada gangguan pada AKI maka indikator akan menyala.
  2. Besaran kapasitas (Ah) dan Model AKI yang sesuai dengan kendaraan Anda.
  3. Umur Aki rata-rata adalah 2 tahun, hal itu juga tergantung pada kebiasaan-kebiasaan pengguna.

Selain memperhatikan 3 hal tersebut, anda juga harus mempertimbangkan aspek lain ketika anda sedang mengganti aki di bengkel. 

  1. Pastikan aki yang akan terpasang di dalam mobil anda adalah aki asli.
  2. Pastikan yang mengerjakan pergantian aki pada mobil anda adalah mekanik terlatih
  3. Usahakan pihak bengkel punya alat khusus dalam penggantian AKI sehingga gangguan setting sensor dan reset panel Head Unit bisa dihindari.
  4. Penggunaan teknologi tambahan saat melakukan pergantian aki
    Untuk kendaraan bertype menengah premium dan keatas sangat di wajibkan menggunakan alat bantu AKI dan scanning komputer saat melakukan service rutin untuk menghapus/reset fault memory atau indikator yang muncul pada saat sebelum dilakukan penggantian.

Sekarang pertanyaannya,
sudahkah mobil anda mendapatkan perlakukan seperti itu?

Jika belum segera prioritaskan kesehatan mobil anda agar perjalanan anda juga aman, nyaman dan anda terhindar dari mood swing.
Baca juga : Knalpot blombongan berbahaya untuk motor benarkah?
Selain itu kecepatan mobil anda juga akan terkendali walaupun mobil anda bukanlah mobil baru. Saya akan mengatakan pada anda bahwa yang namanya mobil itu butuh perawatan. Apabila ditemuii aki rusak pada mobil anda segeralah service bahkan ganti.
Tetapi jika anda mengingankan mobil anda punya speed yang bagus, atau motor anda ingin ngacir silahkan klik CEK ILMU MOTOR NGACIR SEKARANG !

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *